Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Isu Integrasi dan Akuisisi Moda Transportasi Perlu Dibuka kepada Publik

Integrasi antar moda merupakan hal esensial di sektor transportasi perkotaan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  21:29 WIB
Isu Integrasi dan Akuisisi Moda Transportasi Perlu Dibuka kepada Publik
Rangkaian gerbong kereta MRT terpakir di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta, Senin (20/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta diminta untuk membuka kepada publik persoalan integrasi transportasi di wilayah Jabodetabek yang mungkin melibatkan aksi akuisisi demi perencanaan yang lebih baik.

Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Aditya Dwi Laksana sepakat integrasi antar moda merupakan hal esensial di sektor transportasi perkotaan.

Terlebih integrasi transportasi di wilayah DKI Jakarta belum optimal kendati sudah banyak upaya yang dilakukan. Banyaknya operator dan regulator yang terlibat membuat belum adanya suatu konsep terpadu di Jabodetabek.

Menurutnya, integrasi yang baik akan meningkatkan aksesibilitas dan konektivitas.

Namun, lanjutnya, ketika proses integrasi juga melibatkan akuisisi di dalamnya, membutuhkan kajian yang matang dari sisi bisnis operasional, layanan, hingga historis. Isu tersebut menjadi sensitif karena mewujudkan integrasi tak mutlak harus bergabung dalam satu bentuk badan usaha yang sama.

Selain itu, dengan mengkonsultasikannya kepada publik akan tercipta keterbukaan informasi yang menyangkut kepentingan publik.

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan PT MRT Jakarta juga sudah memiliki anak usaha bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ). MITJ, sebutnya, sudah merupakan bentuk dari kolaborasi dan sinergi pusat dan daerah yang bisa dioptimalkan terlebih dahulu dalam menata titik simpul transportasi perkotaan.

“Integrasi dan sistem ticketing pembayaran sudah ada MITJ dan jak linkgo yang bisa dioptimalkan. Sementara akuisisi dan sebagainya perlu kajian matang. Itu isu yang sensitif dikaji secara cermat,” ujarnya, Rabu (17/3/2021).

Tak hanya itu, saat ini di wilayah Jabodetabek, sudah terdapat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang harus berperan vital. Peranannya bisa diperkuat untuk menjadi motor penggerak sinergi kolaborasi sejumlah unsur di jabodetabek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt transportasi publik
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top