Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI Resmi Operasikan KA Brawijaya, Ini Jalurnya

KAI Daop 1 menjelaskan jalur operasi KA Brawijaya relasi Gambir–Malang yang resmi dioperasikan mulai 10 Maret 2021.
KA Brawijaya relasi Gambir-Malang. /Dok. KAI Daop 1
KA Brawijaya relasi Gambir-Malang. /Dok. KAI Daop 1

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta resmi mengoperasikan Kereta Api (KA) Brawijaya relasi Gambir–Malang pada 10 Maret 2021. Sebelumnya, relasi ini telah dilayani oleh KA Gajayana dengan jalur operasional melalui sejumlah stasiun seperti Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta dan Madiun.

Namun Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebut, KA Brawijaya pada operasionalnya tidak melalui Purwokerto–Yogyakarta, tetapi akan melalui jalur operasional dengan stasiun seperti Cirebon, Semarang dan Madiun.

"KA Brawijaya dengan jadwal keberangkatan pukul 15.40 WIB dari Stasiun Gambir ini terdiri dari 8 kereta Eksekutif dengan total ketersediaan tempat Duduk sebanyak 400 kursi," katanya dalam siaran pers, Rabu (10/3/2021).

Mengingat saat ini masih pandemi Covid-19, Eva menyebut terdapat pembatasan volume penumpang maksimal 70 persen dari total ketersediaan tempat duduk atau hanya sebanyak 280 kursi. Sementara pada pengoperasian perdananya, tiket KA Brawijaya sudah terjual 279 TD.

"Dengan dioperasikannya KA Brawijaya ini diharapkan kebutuhan masyarakat untuk transportasi yang nyaman dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat semakin terakomodir," ujarnya.

Lebih lanjut dia menegaskan KA Brawijaya dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat mengikuti seluruh prokes yang telah diterapkan pada masa pandemi, seperti tempat duduk diatur untuk tetap menjaga jarak, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun untuk dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Selain itu, imbuhnya, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan dari sisi sarana kereta. Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin setiap 30 menit sekali.

"KA Brawijaya juga dilengkapi ruang isolasi sementara di atas KA jika ditemukan penumpang dengan gejala Covid-19, selanjutnya penumpang tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lebih lanjut. Petugas di KA Brawijaya juga akan aktif memastikan penumpang selalu menggunakan APD sepanjang perjalanan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper