Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cadangan Devisa Diramal Bisa Tembus US$140 Miliar Tahun Ini

Pada Februari 2021, Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa meningkat naik tipis sebesar US$800 juta menjadi $138,8 miliar.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 05 Maret 2021  |  18:23 WIB
Ilustrasi Dolar AS - Reuters
Ilustrasi Dolar AS - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - VP Economist Bank Permata Josua Pardede memperkirakan cadangan devisa Indonesia pada tahun ini akan mencapai kisaran US$140 miliar hingga US$142 miliar pada 2021.

Adapun pada Februari 2021, Bank Indonesia (BI) mengumumkan posisi cadangan devisa meningkat naik tipis sebesar US$800 juta menjadi $138,8 miliar.

Josua menilai aliran modal yang keluar dari pasar keuangan Indonesia, terutama di pasar obligasi sebesar US$1,06 miliar akibat kekhawatiran investro terhadap kenaikan yield dari US Treasury bisa tertutupi oleh penarikan pinjaman pemerintah.

“Sehingga secara total cadangan devisa masih mampu tumbuh di bulan Februari 2021,” katanya, Jumat (5/3/2021).

Menurut Josua, tren aliran modal asing yang keluar dari pasar obligasi masih akan menjadi tantangan dalam perkembangan cadangan devisa ke depannya, terutama jika melihat sikap The Fed yang tidak berusaha menahan laju sell-off US treasury dari investor.

Dengan demikian, maka cadangan devisa dalam jangka pendek berpotensi mengalami penurunan sejalan dengan perkiraan tingginya net outflow pada Maret 2021.

Namun, Josua memperkirakan cadangan devisa akan mulai bergerak naik terbatas pada bulan-bulan berikutnya seiring dengan arus pembalikan aliarn modal.

“Pada sekitar bulan Juni, memang akan ada tekanan pada cadangan devisa seiring dengan musim pembayaran devisa, namun hingga akhir tahun secara umum, cadangan devisa akan meningkat sehingga berada pada kisaran US$140-US$142 miliar,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal asing devisa cadangan devisa
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top