Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minat Swasta Ikut Vaksin Gotong Royong Membeludak

Hingga saat ini, lebih dari 8.300 perusahaan swasta telah mendaftar untuk ikut serta dalam program vaksinasi jalur vaksin gotong royong.
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani, /JIBI-Dwi Prasetya
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani, /JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menghentikan sementara pendaftaran program vaksin gotong royong karena minat kalangan swasta membeludak. 

Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kadin Shinta Widjaja Kamdan mengatakan jumlah perusahaan yang mendaftar program vaksin gotong royong telah mencapai 8.300, naik dibandingkan dengan posisi pekan lalu sebanyak 6.689 perusahaan. 

"Terakhir sudah 8.300, ini sementara kami stop dulu karena kami sedang evaluasi sekarang bersama pemerintah," kata Shinta seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/3/2021).

Shinta menyebut masih terdapat banyak perusahaan lain yang mengantre untuk mendaftar program vaksin gotong royong lewat koordinasi Kadin. Menurut Shinta, vaksinasi oleh 8.300 diperkirakan bakal melibatkan 6,9 juta karyawan atau buruh bersama dengan anggota keluarganya.

Program vaksin royong atau vaksin mandiri merupakan vaksinasi yang diselenggarakan perusahaan swasta kepada karyawan dan buruh secara gratis. Pekan lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 10 Tahun 2021. 

Beleid itu mengatur  tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang salah satunya mengatur tentang Program Vaksin Gotong Royong atau vaksin mandiri yang dilakukan oleh perusahaan swasta pada karyawan dan buruh.

Dalam permenkes itu disebutkan bahwa vaksin gotong royong dilakukan oleh pihak swasta tanpa menggunakan vaksin program pemerintah, fasilitas kesehatan, dan tenaga kesehatan milik pemerintah agar tidak mengganggu program vaksinasi nasional.

Shinta menjelaskan saat ini Kadin bersama dengan PT Biofarma dan pemerintah sedang melakukan pembahasan teknis untuk pelaksanaan program Vaksin gotong royong. Dia perusahaan swasta siap menjalankan vaksinasi selama mendapat ketersediaan vaksin yang akan diimpor oleh Biofarma.

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rivki Maulana
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper