Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

84.794 Penumpang KA Pakai GeNose, Stasiun Pasar Senen Terbanyak

KAI melaporkan hingga 26 Februari 2021, sebanyak 84.794 penumpang KA Jarak Jauh telah menggunakan tes GeNose di stasiun kerera api.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 28 Februari 2021  |  10:58 WIB
Calon penumpang kereta api menyerahkan kantong tes deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C19 kepada petugas kesehatan untuk diperiksa di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/2/2021). - Antara
Calon penumpang kereta api menyerahkan kantong tes deteksi Covid-19 dengan metode GeNose C19 kepada petugas kesehatan untuk diperiksa di Stasiun Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/2/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah menghadirkan layanan GeNose di 12 stasiun. Hingga 26 Februari 2021, diketahui sebanyak 84.794 penumpang KA Jarak Jauh telah menggunakan layanan penyaringan Covid-19 karya anak bangsa tersebut.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan masyarakat sangat mengapresiasi adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun sehingga KAI akan terus menambah jumlah stasiun yang nantinya dapat melayani pemeriksaan tersebut.

"Sampai dengan 26 Februari 2021, KAI telah melayani 84.794 peserta GeNose C19 di stasiun. [Jumlah peserta tes GeNose] di Stasiun Pasar Senen yang paling banyak, yakni 32.637 peserta," katanya kepada Bisnis.com, Minggu (28/2/2021).

Sebelumnya Joni mengatakan telah menambah empat stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Purwokerto, Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng mulai hari ini. Artinya, saat ini layanan GeNose telah hadir di 12 stasiun termasuk Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub No. 20/2021 dan SE Satgas Covid-19 No. 7/2021,” ujar Joni.

Dia menuturkan, KAI akan menambah layanan ini secara bertahap di stasiun lainnya sehingga total akan tersedia di 44 stasiun. KAI akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada (UGM) guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.

Bagi calon penumpang KA Jarak Jauh yang ingin melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, harus memiliki tiket atau kode booking yang sudah lunas dan menyiapkan biaya sebesar Rp20.000.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pemeriksaan, calon penumpang diminta meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Nantinya hasil pemeriksaan GeNose yang menunjukkan negatif, berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia 5 tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top