Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAI Daop I Targetkan Perjalanan KA Sore Ini Berjalan Normal

PT KAI semaksimal mungkin melakukan proses percepatan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur KA yang terdampak banjir.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  10:29 WIB
Suasana penanganan balas rel kereta api yang tergerus banjir di dekat Stasiun Lemahabang Bekasi. - PT KAI
Suasana penanganan balas rel kereta api yang tergerus banjir di dekat Stasiun Lemahabang Bekasi. - PT KAI

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Daop I menargetkan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh kembali berjalan normal pada sore hari ini, Selasa (23/2/2021).

Kahumas Daop I Eva Chairunisa mengatakan PT KAI semaksimal mungkin melakukan proses percepatan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur KA yang terdampak banjir.

Upaya tersebut dilakukan dengan memperbaiki kembali geometri jalan kereta api melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat di sepanjang lokasi yang terdampak banjir.

"Kami upayakan maksimal percepatan perbaikan, jalur rel terdampak banjir ditargetkan dapat dilalui perjalanan KA Sore Ini," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (23/2/2021).

Sebelumnya, banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA. 

Akibat lapisan batu balas tergerus arus air, di sejumlah titik terdapat bagian rel yg menggantung.

PT KAI (Persero) Daop I Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak.

Cuaca ekstrem berpengaruh pada kondisi prasarana dan membuat operasional KA terganggu.

Melalui percepatan penanganan dengan mengedepankan keselamatan dan keamanan, jalur KA Lemah Abang - Kedung Gedeh ditargetkan dapat kembali melayani perjalanan KA Sore dan Malam hari.

Perkembangan informasi keberangkatan KA pada sore dan malam nanti akan disampaikan secara berkala dengan melihat proses perbaikan yang terus berlangsung.

Sejak pagi proses perbaikan terus dilakukan dan ada 7 KA untuk keberangkatan pagi hari dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang belum dapat dilayani perjalanannya.

Pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari tanggal 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun.

Calon penumpang juga diberi waktu sampai 30 hari ke depan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Persyaratan pembatalan tiket di loket stasiun, calon penumpang wajib membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang.

Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking sama dapat dilakukan pembatalan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang yang lain.

Adapun daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh di area Daop I adalah:

- Pasar Senen

- Gambir

- Bekasi

- Cikampek

- Bogor

- Jakarta Kota

- Karawang

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai banjir pasar senen stasiun gambir
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top