Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksinasi Tahap Kedua Disiapkan, Mulai dari Pedagang Pasar Tanah Abang

Program vaksinasi tahap kedua berlangsung mulai Februari dan diharapkan selesai pada Mei 2021.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  13:09 WIB
Pedagang merapikan kain di salah satu gerai di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (8/12/2020).  - Bisnis.com/Himawan L Nugraha
Pedagang merapikan kain di salah satu gerai di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (8/12/2020). - Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA –Pemerintah segera memulai tahap kedua program vaksinasi Covid-19, yaitu untuk pekerja publik dan masyarakat lanjut usia. Vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai dari para pedagang di Pasar Tanah Abang DKI Jakarta.

"Vaksinasi tahap kedua akan dimulai dari pedagang pasar yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu Pasar Tanah Abang, Rabu, 17 Februari 2021," ujar Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu, dilansir tempo.co, Senin (15/2/2021).

Vaksinasi tersebut akan berlangsung selama 6 hari dengan target 55.000 pedagang pasar Tanah Abang. Harapannya, vaksinasi itu akan bergulir untuk seluruh pedagang pasar di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia.

Maxi mengatakan vaksinasi tahap kedua bisa dimulai mengingat capaian vaksinasi tenaga kesehatan kemajuannya lebih cepat dari rencana. Vaksinasi itu dipercepat agar kekebalan kekebalan kelompok atau herd immunity segera tercapai. Selain pekerja publik, vaksinasi tahap dua juga menyertakan para lansia.

"Ini bagian dari strategi menekan laju penularan virus, mengurangi beban rumah sakit, dan membantu tenaga kesehatan," ujar Maxi.

Program vaksinasi tahap kedua berlangsung mulai Februari dan diharapkan selesai pada Mei 2021. Pada Mei, pemerintah menargetkan akan memulai tahapan vaksinasi untuk masyarakat lainnya.

Adapun vaksinasi tahap kedua akan mencakup 38,5 juta penduduk, dengan rincian 21 juta lansia dan hampir 17 juta pekerja publik. Maxi mengatakan kelompok masyarakat yang masuk vaksinasi tahap dua adalah yang memiliki mobilitas dan interaksi tinggi sehingga sangat rentan tertular Covid-19.

Melihat besarnya target penerima vaksinasi tahap dua, Maxi mengatakan vaksinasi akan dilakukan bertahap mulai dari 7 provinsi di Jawa dan Bali yang merupakan zona merah dan memiliki tingkat penyebaran tertinggi di Indonesia.

"Sebanyak 70 persen kasus Covid-19 di daerah ini, jadi dapat prioritas pertama. juga ini daerah dengan pemukiman padat," tutur Maxi.

Selanjutnya, sebanyak 30 persen vaksinasi lainnya akan diberikan kepada provinsi lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar tanah abang Vaksin Covid-19

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top