Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pride Siap Bergabung dengan Armada Kapal Tanker Pertamina

Kapal tanker berukuran 301.000 deadweight tonnage dinamai Pertamina Pride ini dibangun di galangan Japan Marine United (JMU) sejak 2018 dan mulai berlayar pada 9 Februari 2021.
Kapal tanker Pertamina Pride meningglkan perairan Jepang menuju Indonesia./Istimewa-Pertamina
Kapal tanker Pertamina Pride meningglkan perairan Jepang menuju Indonesia./Istimewa-Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pertamina International Shipping mendatangkan kapal tanker very large crude carrier berkapasitas 2 juta barel dan siap menunjang penyaluran pasokan energi nasional.

Kapal tanker berukuran 301.000 deadweight tonnage dinamai Pertamina Pride ini dibangun di galangan Japan Marine United (JMU) sejak 2018 dan mulai berlayar pada 9 Februari 2021 setelah serah terima langsung di JMU Ariake Shipyard, Jepang dan dihadiri secara langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dan secara daring oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury.

Nicke menegaskan bahwa pengadaan VLCC ini dilakukan setelah melalui proses kajian dan strategi bisnis yang matang guna memperkuat rantai pasok.

“Proyek pembangunan dua unit kapal tipe VLCC bertujuan untuk mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke refinery/kilang Pertamina,” ujarnya melalui keterangan resminya, Rabu (10/2/2021).

Nicke menambahkan bahwa dengan beroperasinya kapal VLCC ini nantinya dapat menjadi pendorong pendapatan dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan dengan menangkap peluang bisnis angkutan internasional.

Selain itu, kehadiran kapal tanker itu diharapkan dapat meningkatkan keandalan suplai dan kelancaran distribusi energi nasional dengan mengamankan pasokan kebutuhan minyak mentah ke Refinery Unit IV Cilacap.

“PIS yang mengembang usaha utama pelayaran atau pengangkutan laut bertugas sebagai supporting supply chain distribusi atau pengangkutan kargo impor Pertamina dengan skema FOB atau free on board,” jelasnya.

Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury mengatakan bahwa dengan adanya VLCC tersebut, kemampuan untuk mengamankan rantai pasok yang lebih efisien, sebaga salah satu kunci kompetitif Pertamina.

“Kami berharap Pertamina mampu mengoptimalkan utilisasi Pertmina Pride sehingga memberikan nilai tambah bagi Pemegang Saham dan tentu saja bagi negara,” ujarnya 

VLCC Pertamina Pride telah memenuhi regulasi internasional antara lain seperti IMO (International Maritime Organization) serta regulasi IMO PSPC (Performance Standard for Protective Coatings) telah diterapkan pada cargo oil tanks dan water ballast tank, yang penting untuk kemudahan perawatan dan menjaga kapal selalu dalam kondisi baik.

VLCC Pertamina Pride merupakan kapal dengan single screw driven single deck type crude oil tanker, dengan panjang keseluruhan sebesar 329.904 meter, DWT sebesar 301.781 ton, gross tonnage sebesar 157.116 ton, dan  cargo carrying capacity sekitar 2 juta barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper