Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Kabar Rencana Pembangunan Jembatan Batam-Bintan?

Proyek jembatan Batam—Bintan masuk dalam kategori solicited atau atas prakarsa pemerintah dengan nilai investasi sekitar Rp8,8 triliun.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 04 Februari 2021  |  18:03 WIB
Ilustrasi: Jembatan Tengku Fisabilillah atau dikenal dengan Jembatan Barelang terlihat dari udara di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2017). - JIBI/Dwi Prasetya
Ilustrasi: Jembatan Tengku Fisabilillah atau dikenal dengan Jembatan Barelang terlihat dari udara di Batam, Kepulauan Riau, Minggu (9/4/2017). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekejraan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan bahwa proses konstruksi jembatan Batam—Bintan masih dipelajari oleh Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur.

Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita Pndjiriawan mengatakan bahwa jenis kontrak paket konstruksi jembatan tersebut adalah kontrak tahun jamak. Pemerintah akan mendukung pendanaan konstruksi jembatan tersebut sekitar 30 persen.

"Kemungkinan [pendanaan konstruksi Jemabtan Batam-Bintan] diambil dari dana loan luar negeri. [Sejauh ini] belum ada target negara asal pinjaman," katanya kepada Bisnis, Kamis (4/2/2021).

Proyek jembatan Batam—Bintan masuk dalam kategori solicited atau atas prakarsa pemerintah dengan nilai investasi sekitar Rp8,8 triliun. Dengan kata lain, pemerintah akan mendukung pendanaan proyek tersebut sekitar Rp2,64 triliun.

Jembatan Batam—Bintan merupakan salah satu dari 13 rencana proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) jalan dan jembatan pada 2021. Pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR, Ditjen Pembiayaan Infrastruktur menyampaikan bahwa jembatan tersebut merupakan salah satu dari 21 proyek KPBU dengan status ready to offer pada tahun ini.

Total 21 proyek KPBU jalan dan jembatan tersebut akan menambah panjang jalan nasional hingga 1.072,97 kilometer. Adapun, estimasi nilai investasi seluruh proyek tersebut mencapai Rp263,51 triliun. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batam jembatan
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top