Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek! Spesifikasi Pindad Cobra, Panser Lapis Baja Keturunan Czech

Pindad dan Kementerian Pertahanan telah bersepakat membuat pengadaan 22 kendaraan tempur senilai US$80 juta. Untuk memproduksinya, pabrikan BUMN ini menggadeng Excalibur Army Group dari CzechoSlovak Group. Panser ini punya spesifikasi yang mumpuni.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  10:16 WIB
Pindad Cobra. Selain memiliki kemampuan melata di darat, kendaraan tempur ini piawai berenang di perairan.  - KKIP
Pindad Cobra. Selain memiliki kemampuan melata di darat, kendaraan tempur ini piawai berenang di perairan. - KKIP

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pindad dan Kementerian Pertahanan telah bersepakat membuat pengadaan 22 kendaraan tempur senilai US$80 juta. Untuk memproduksinya, pabrikan BUMN ini menggadeng perusahaan Czech, Excalibur Army Group dari CzechoSlovak Group.

Pindad Cobra, namanya. Kendaraan tempur jenis panser ini sudah berdatangan dari Czech (Ceko) sejak 4 Februari 2020.

Pindad Cobra diperuntukan bagi Batalyon Infantri Mekanis (Yonifmek), pasukan infanteri termekanisasi yang dibekali pengangkut personel lapis baja (APC) atau kendaraan tempur infanteri (IFV) sebagai kendaraan pengangkut personel tempur.

"Bicara soal spesifikasi, Panser Cobra ini memiliki beberapa spesifikasi yang mumpuni," pernyaaan Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), Minggu (31/1/2021).

Berikut ini spesifikasi Panser Cobra

Kubah tempur tanpa awak U30 MK II buatan Elbit System. Elbit System adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan kendaraan dan alat tempur asal Brasil.

Meriam kaliber 30 mm Bushmater MK 44. Panser Cobra menggunakan meriam kaliber 30 mm Bushmater MK 44. Kanon kaliber ini dibuat oleh Northrop Grumman, perusahaan asal Amerika yang memiliki beberapa divisi perusahaan, dari mulai penerbangan sampai dengan penyediaan alat tempur.

  • Senjata sekunder Pindad.

Panser Cobra dilengkapi dengan senjata sekunder buatan PT Pindad, yakni SMS 7,62 mm. Varian senapan mesin sedang Pindad ini dioperasikan dengan mekanisme gas operated yang menghasilkan rate of fire 650-1.000 peluru per menit dan jarak efektif 1.000 meter. Pengisian munisi mengadopsi sistem link belt tanpa magasen. Bipod yang terpasang pada bagian depan senjata membantu untuk menstabilkan tembakan. Penggantian laras senjata dapat dilakukan dengan mudah oleh satu orang personil.

  • Kapasitas luas.

Kendaraan tempur Pindad Cobra ini dapat diawaki tiga orang, yakni komandan, pengemudi dan juru senjata. Untuk kabin belakang dapat menampung hingg delapan pasukan bersenjata lengkap dengan muatan bawaan mencapai 8,5 ton.

  • Dimensi yang kompak.

Untuk ukuran dimensi, kendaraan tempur ini memiliki panjang 7,5 m, lebar 2,67 m dan tinggi 2,1 m. Bobot tempurnya sendiri mencapai 17,6 ton, namun dengan tambahan add-on armor menjadi 22 ton.

  • Proteksi tambahan.

Untuk bagian luar dari kendaraan tempur cobra menggunakan add-on passive armour buatan Rafael, Israel. Lapisan ini mampu menahan laju munisi SMB kaliber 14,5 mm. Bagian bawah lambung Kobra dilapisi SSAB ARMOX 500 yang sanggup bertahan dari ranjau darat dan IED. Rafael ini seperti PT Pindad yang menyediakan kebutuhan alat tempur negaranya.

  • Pemecah Gelombang.

Pada bagian depan, kendaraan tempur ini dilengkapi dengan perisai pemecah gelombang air/ombak. Selain memiliki kemampuan melata di darat dengan kecepatan 105 per jam, Pindad Cobra mampu berenang di air dengan kecepatan laju 10 km per jam.

  • Mesin.

Cobra dipacu dengan mesin diesel Cummins EURO III berdaya 455 hp. Kendaraan dapat melaju di jalan datar keras dengan kecepatan mencapai 105 km/jam dan kecepatan berenang di air pada 10 km/jam. Sementara untuk jangkauan operasi, Pandur II CZ mampu menjelajah hingga 700 km.

  • Sistem Penglihatan Malam.

Pada bagian palka pengemudi juga telah dipasangi sistem penglihatan malam CDND-1. CDND-1, Combined Day/Night Day terdiri dari dua prisma yang dipotong dari kaca optik khusus untuk bidang pandang yang ekstra luas yang dilengkapi dengan filter anti-laser untuk panjang gelombang 800, 900, 1064, 1540 nm.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pindad panser barakuda alutsista
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top