Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menhub Minta Pilot Ada Tes Psikologis Khusus

Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk mengupayakan faktor keselamatan dan transportasi udara, terlebih pasca tragedi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  19:39 WIB
Pesawat Sriwijaya Air, berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Pesawat Sriwijaya Air, berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menetapkan kebijakan baru yang mewajibkan pilot melakukan tes psikologis.

Hal ini merupakan salah satu upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan pesawat di masa mendatang. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengupayakan faktor keselamatan dan transportasi udara. Terlebih pasca tragedi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

"Kami siap untuk memperhatikan masalah keselamatan. Saya sudah sampaikan ke Pak Dirjen Udara bahwa pilot harus ada tes psikologi yang secara khusus," ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Senin (25/1/2021).

Untuk melakukan tes psikologis terhadap para pilot, Budi telah meminta Direktorat Jenderal Udara menggandeng institusi yang kompeten. 

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi V Hasan Basri meminta Menhub Budi memberikan bocoran terkait hasil penyelidikan yang dilakukan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait peristiwa jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182.

"Mungkin ya sekadar menambah informasi kepada kami, walaupun nanti akan ada pembicaraan khusus. Mungkin itu lebih mendalam lagi mengenai teknis pengawasan, teknis mengecek penumpang. Tapi ini khusus penyebab dari pada jatuhnya Sriwijaya, diperkirakan apa, bocoran saja Pak Menteri," tanya Hasan.

Merasa bukan pemegang kewenangan yang tepat, Budi enggan menjawab dengan detail pertanyaan Hasan Basri tersebut. Tteapi dia berjanji akan melakukan upaya maksimal agar kejadian serupa bisa diminimalisir salah satunya dengan memfasilitasi tes psikologis bagi para penerbang.

"Saya mungkin nggak bisa menjawab Pak Hasan Basri karena itu kewenangan KNKT. Tapi saya akan minta kepada Pak Dirjen Udara melalui kerja sama dengan institusi yang terbaik untuk melakukan assessment secara khusus para pilot itu," ungkap Menhub.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sriwijaya Air Kemenhub keselamatan penerbangan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top