Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REI Optimistis Investasi Properti Tahun Ini di Jalur Positif

REI optimistis investasi di bidang properti sepanjang tahun ini tetap di jalur positif setelah pada 2020 mencatatkan pertumbuhan dibandingkan dengan 2019.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  17:47 WIB
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta./Bisnis - Abdurachman
Sejumlah gedung bertingkat di Jakarta./Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Sepanjang tahun lalu realisasi investasi di sektor properti yang mencakup perumahan, kawasan industri, dan perkantoran mencapai Rp76,4 triliun, naik 7,45 persen dibandingkan dengan 2019.

Wakil Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) bidang Hubungan luar Negeri Rusmin Lawin optimistis sektor properti perumahan dan kawasan industri tahun ini tetap tumbuh.

Hal itu disebabkan masyarakat dan pengusaha sudah mulai melakukan aktivitas yang normal dengan standar operasional prosedur (SOP) new normal.

"Kami sudah mendorong vaksinasi mandiri, karena kalau yang dapat vaksin banyak, pemulihan ekonomi cepat terasa. Jadi, kami optimis pertumbuhan properti perumahan dan kawasan industri tetap tumbuh. Kami tetap bergerak di new normal ini," ujarnya kepada Bisnis pada Senin (25/1/2021).

Rusmin Lawin mengemukakan bahwa adanya vaksin Covid-19 juga menjadi harapan bagi para investor termasuk di bidang properti.

Dia menuturkan tantangan properti ke depan lebih pada iklim investasi yang telah dicoba diatasi oleh UU Cipta Kerja. Lalu juga birokrasi kepastian hukum, keleluasaan investasi, kecepatan pelayanan, dan transparansi.

Rusmin meyakini apabila hal tersebut dapat dipenuhi dengan baik, iklim usaha akan meningkat. "Iklim usaha meningkat, investasi banyak yang datang, maka ekonomi akan membaik," paparnya.

Sebelumnya Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan sepanjang 2020 realisasi investasi di sektor properti yang mencakup perumahan, kawasan industri, dan perkantoran mencapai Rp76,4 triliun, meningkat dibandingkan dengan 2019.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top