Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Badan Geologi ESDM Akan Rekomendasikan 4 WK Migas Tahun ini

Sejak 2015—2019, Badan Geologi telah memberi rekomendasi WK  migas sebanyak 38 yang terdiri atas WK konvensional dan WK nonkonvensional.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  07:09 WIB
Penambangan migas lepas pantai. - tambang.co
Penambangan migas lepas pantai. - tambang.co

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bakal merekomendasikan empat wilayah kerja minyak dan gas bumi untuk ditindaklanjuti.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono mengatakan bahwa keempat wilayah kerja migas itu akan dilaporkan ke Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM untuk ditindaklanjuti. Kendati demikian, detail terkait dengan potensi sumber daya dari keempat wilayah kerja itu masih dalam kajian lebih lanjut.

"Kami akan melaporkan ke Dirjen Migas untuk dapat ditindaklanjuti untuk ditawarkan. Perlu adanya kajian lebih lanjut," katanya dalam paparanyanya, Rabu (20/1/2021).

Budi memaparkan bahwa sepanjang 2020 Badan Geologi Kementerian ESDM telah melakukan survei di lima lokasi yaitu pada rekomendasi wilayah kerja (RWK) migas nonkonvensional Sumatra Tengah (Riau), RWK Migas Banjarnegara (Jawa Tengah), RWK Migas West Madura (Bawean II), RWK Migas Muna-Buton (Sulawesi Tenggara), dan Survei geologi migas cekungan pembuang (Kalimantan Selatan).

Dia menambahkan, sejak 2015—2019, pihaknya telah memberi rekomendasi WK  migas sebanyak 38 yang terdiri atas WK konvensional dan WK nonkonvensional. Namun, pada 2019 rekomendasi WK Migas hanya berjumlah 2 lokasi.

Kendati demikian, Budi mengatakan bahwa dari 38 WK yang direkomendasikan, telah ada yang sudah ditindaklanjuti dan sudah laku dilelang oleh kontraktor atas tindak lanjut dari Dirjen Migas.

"[2020] survei di 5 lokasi, memang agak kurang dibanding tahun lalu, tapi kami tetap komitmen untuk melakukan survei dan penelitian di bidang sumber daya migas," ungkapnya.

Sebelumnya Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan bahwa pada 2021 akan ada 10 WK migas yang akan ditawarkan kepada investor untuk dilelang.

Ke-10 WK yang akan dilelang tahun ini telah melewati kajian dari badan geologi, para ahli, dan juga kontraktor kontrak kerja sama (KKKS).

"Diperkirakan ada 10 WK yang ditawarkan pada 2021. Dan ini harapannya ke depan ada di Sumatra Selatan, Kalimantan, ada juga Jawa, dan Papua."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas geologi
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top