Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Posko Nasional ESDM Siapkan Tim Pantau Potensi Bencana Selama Lebaran 2024

Posko Nasional Sektor ESDM melakukan pemantuan aktivitas gunung api/erupsi dan bencana geologi untuk pengamanan momentum Lebaran 2024
Visual tembusan asap kawah Gunung api Lewotobi Laki-laki Tanggal 1 Januari 2024/PVMBG
Visual tembusan asap kawah Gunung api Lewotobi Laki-laki Tanggal 1 Januari 2024/PVMBG

Bisnis.com, JAKARTA - Posko Nasional Sektor ESDM telah membentuk tim untuk melakukan pemantuan aktivitas gunung api/erupsi dan bencana geologi selama periode Lebaran 2024.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati yang juga ditunjuk sebagai Kepala Posko Nasional Sektor ESDM mengungkapkan bahwa Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi dibentuk agar dapat merespons dengan cepat ketika bencana berlangsung di momen Lebaran 2024.

“Telah dibentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Geologi yang akan merespons dengan cepat setiap bencana yang terjadi dan siaga dalam waktu 24 jam, dan meningkatkan pemantauan gunung api secara cermat di beberapa gunung api aktif,” kata Erika di Gedung BPH Migas, Rabu (3/4/2024).

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan menyampaikan bahwa pihaknya bakal melakukan pemantauan terhadap gunung api aktif di Indonesia.

Tercatat terdapat 5 gunung api yang berstatus siaga, 17 gunung api dengan level waspada, dan 46 gunung api dengan level normal.

Pihaknya akan memberikan peta sebaran titik rawan gerakan tanah pada jalur jalan di Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi kepada pemerintah daerah di wilayah tersebut.

“Membuat laporan tanggapan dan rekomendasi teknis pennanggulangan bencana geologi. Laporan disampaikan kepada pemerintah pusat, pemda, BNPB, dan dinas terkait yang menangani kebencanaan geologi,” ucapnya.

Adapun, Posko Nasional Sektor ESDM dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 229.K/HK.02/SJN.R/2024 tentang Tim Posko Nasional Sektor ESDM Dalam Rangka Koordinasi Pengawasan, Penyediaan, dan Pendistribusian BBM, Gas, Listrik Serta Antisipasi Kebencanaan Geologi Untuk Mengamankan Hari Raya Idulfitri Tahun 2024.

Posko ini nantinya bakal dibantu oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Badan Geologi, Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Biro Perencanaan KESDM, Pusdatin KESDM, Badan Usaha Sektor BBM, Gas dan Ketenagalistrikan serta Tim BPH Migas.

Pelaksanaan Posko terhitung mulai hari ini 3 April 2024 hingga nanti 19 April 2024, yang bertempat di Gedung BPH Migas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper