Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masuk Pasar China, Kapal Api Gandeng Wahaha Group

WAHAHA Group merupakan salah satu produsen minuman segar kemasan botol terbesar di China dan masuk dalam Top 500 China Enterprises.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  11:20 WIB
Ilustrasi - Warga memetik kopi Arabika saat perayaan panen massal dalam rangkaian festival panen kopi di Bener Meriah Aceh. - Antara
Ilustrasi - Warga memetik kopi Arabika saat perayaan panen massal dalam rangkaian festival panen kopi di Bener Meriah Aceh. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kapal Api Global bekerjasama dengan WAHAHA Group (HWG) Co. Ltd di Hangzhou, China, untuk bersama-sama memproduksi minuman dalam kemasan.

WAHAHA Group merupakan salah satu produsen minuman segar kemasan botol terbesar di China dan masuk dalam Top 500 China Enterprises.

Duta Besar Republik Indonesia untuk RRT dan Mongolia Djauhari Oratmangun mengatakan kerja sama kedua perusahaan besar sangat penting karena WAHAHA Group akan memproduksi minuman dengan cita rasa kopi Indonesia di dalamnya.

“Masuknya produk kopi Indonesia yang dikembangkan bersama antara WAHAHA Group dan PT Kapal Api Global, diharapkan mampu memberikan terobosan baru dalam mendorong produk minuman besutan kedua perusahaan di pasar Tiongkok,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (22/1/2021).

Adapun, penandatangan kerja sama berlangsung di kantor pusat WAHAHA Group di Hangzhou, Provinsi Zhejiang pada 18 Januari 2021. Perjanjian kerja sama itu disaksikan oleh Djauhari Oratmangun didampingi Konjen RI Shanghai, Deny W. Kurnia, dan Chairman HWG Zong Qinghou.

Dari PT. Kapal Api Global hadir Chairman PT. Kapal Api Global, Indra Boedijono, yang didampingi Chairman of Indonesia Chamber of Commerce in China Region (INACHAM), Licky Sutikno, PF Ekonomi KBRI Beijing Virdiana Ririen, dan Konsul Ekonomi KJRI Shanghai, WP.Gultom.

Hangzhou WAHAHA Group Co. Ltd yang didirikan pada 1987 telah berkembang menjadi produsen minuman kemasan botol terbesar di Chinak. Perusahaan ini didukung 30.000 ribu karyawan di 80 production bases yang tersebar di seluruh China, dengan total penjualan per tahun mencapai 720 miliar RMB atau setara dengan US$110,76 miliar.

Sejatinya, kerja sama kedua perusahaan pertama kali dirintis pada 2019. Kerja sama itu semakin mempererat hubungan pelaku usaha China dan Indonesia.

WAHAHA Group juga berkeinginan mengeksplorasi lebih lanjut kerja sama dengan berbagai mitra di Indonesia, khususnya menyikapi peluang pasca penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Kami mengharapkan WAHAHA Group dapat mengembangkan bisnis dengan menggandeng produk-produk makanan dan minuman unggulan lainnya dari Indonesia untuk masuk pasar Tiongkok,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china perdagangan internasional kopi
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top