Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Mobil Eropa Anjlok 24 Persen, Penurunan Terdalam Sejak 1990

Asosiasi Produsen Mobil Eropa mengatakan pendaftaran kendaraan baru sepanjang 2020 anjlok 24 persen, penurunan tahunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada 1990.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  16:31 WIB
Volkswagen Tiguan Allspace.  - Volkswagen
Volkswagen Tiguan Allspace. - Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Penjualan mobil Eropa anjlok terbesar tahun lalu karena permintaan yang relatif tangguh di paruh kedua tidak mampu menutupi penurunan selama masa awal pandemi Covid-19.

Asosiasi Produsen Mobil Eropa mengatakan pendaftaran kendaraan baru sepanjang 2020 anjlok 24 persen, penurunan tahunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada 1990. Pencapaian yang kuat untuk tahun ini untuk Volkswagen AG dan PSA Group membatasi penurunan industri pada Desember menjadi hanya 3,7 persen saja.

Produsen mobil berhasil mengatasi langkah-langkah pemerintah untuk menahan penyebaran virus corona seiring berlalunya tahun, dibantu oleh subsidi dan dealer yang mulai membuka layanan jual online. Namun jatuhnya penjualan pada Maret, April dan Mei terbukti sulit untuk kembali. Sebaliknya, pasar mobil China berkembang sepanjang paruh kedua.

Penguncian berkelanjutan akan membebani permintaan pada bulan-bulan pertama tahun ini. Michael Dean, analis otomotif Eropa Bloomberg Intelligence memperkirakan penjualan akan naik 13 persen tahun ini, meski masih 15 persen di bawah level 2019.

Sementara itu, kendaraan listrik adalah titik terang. BloombergNEF memperkirakan bahwa penjualan kendaraan hibrida plug-in di Eropa melebihi penjualan di China untuk pertama kalinya. Peneliti memperkirakan 1,9 juta akan dijual pada 2021, kira-kira 40 persen dari pasar global.

Bloomberg Intelligence juga mengatakan mobil bertenaga baterai akan melampaui penjualan mobil diesel pada kuartal keempat untuk pertama kalinya.

Total registrasi pada Desember naik 8,2 persen untuk VW Group dan 1,7 persen untuk PSA, dua pembuat mobil terlaris di Eropa. Penjualan turun 15 persen bulan lalu untuk Daimler AG, 16 persen untuk Renault SA dan 9,5 persen untuk BMW AG.

Berdasarkan negara, pengiriman meningkat 9,9 persen di Jerman dan sedikit berubah di Spanyol pada Desember, sementara pendaftaran di Italia dan Prancis menurun dua digit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif volkswagen mobil eropa
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top