Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Pastikan Mandalika Layak Jadi Destinasi Wisata Olahraga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Mandalika layak ditetapkan sebagai lokasi sport tourism.
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation./ITDC
Kawasan The Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kawasan pariwisata ini dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation./ITDC

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang merupakam salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Hal itu dipastikan langsung oleh Sandiaga saat berkunjung ke lokasi pada Sabtu (16/1/2021) dan menjajal langsung serangkaian aktivitas olahraga di Mandalika. Serangkaian olahraga yang dia lakukan mencakup renang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism, kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” katanya dikutip dari keterangan resmi, Minggu (17/1/2021).

Sandiaga mengatakan olahraga yang dilakukannya merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan Mandalika yang menjadi destinasi super prioritas yang fokus pada wisata olahraga.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer menjelaskan Mandalika memang disiapkan untuk menjadi destinasi wisata olahraga dan beberapa event dengan konsep olahraga sembari menikmati alam.

“Pada 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

Abdulbar mengemukakan Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui pembangunan kawasan olahraga dengan running track. Kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare tersebut memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper