Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tekan Dampak Covid-19, Thailand Luncurkan Stimulus US$7 Miliar

Thailand harus bergulat dengan kenaikan kasus Covid-19 hingga dua kali lipat dan membuat Negeri Gajah Putih ini memiliki akumulasi kasus Corona hampir 11.000.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  21:09 WIB
Salah satu persimpangan jalan di Bangkok, Thailand. - Bloomberg
Salah satu persimpangan jalan di Bangkok, Thailand. - Bloomberg

Bisnic.com, JAKARTA – Thailand mengumumkan program stimulus, termasuk bantuan tunai senilai 201 miliar baht (US$7 miliar) untuk membantu jutaan masyarakat dan pengusaha yang terdampak Covid-19.

Sekretaris Umum Dewan Ekonomi Nasional dan Pembangunan Sosial Danucha Pichayanan mengatakan bantuan tunai itu diperuntukkan bagi 30 juta orang, terutama para pekerja informal dan petani.

Dilansir Bloomberg, Selasa (12/1/2021), Menteri Keuangan Arkhom Termpittayapaisith mengemukakan setiap orang akan mendapatkan 3.500 baht setiap bulannya selama 2 bulan yang dimulai awal Februari tahun ini.

Arkhom menambahkan kabinet akan segera menyetujui proposal ini pada Selasa mendatang. Tak hanya itu, kabinet juga diperkirakan memperpanjang program yang sudah berjalan sebelumnya untuk memacu konsumsi domestik.

Hingga saat ini, pemerintah masih memiliki 209 miliar baht untuk membiayai belanja tambahan, dan juga bisa mengambil 260 miliar baht surplus dari program lainnya untuk membiayai bantuan tunai.

Thailand harus bergulat dengan kenaikan kasus Covid-19 hingga dua kali lipat dan membuat Negeri Gajah Putih ini memiliki akumulasi kasus Corona hampir 11.000.

Pemerintah masih menahan dari untuk memberlakukan lockdown yang luas seperti yang dilakukan saat pandemi menyebar pertama kalinya. Pasalnya, lockdown yang luas diyakini justru memberikan tekanan yang berat bagi perekonomian.

Sebagai gantinya, pemerintah hanya memberlakukan pembatasan bisnis dan perjalanan yang didasarkan atas jumlah kasus di masing-masing wilayah.

Namun, sejumlah pengamat kesehatan justru menilai langkah pemerintah yang tidak tegas berisiko memperlama upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top