Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mokko Indonesia Sediakan Produk Otomasi Industri Kecil

PT Mokko Otomasi Indonesia, perusahaan di Gresik, JawaTimur yang bergerak di bidang otomasi, teknologi informasi dan sistem kontrol industri, berhasil menyabet salah satu pemenang Startup4Industry 2020 oleh Kementerian Perindustrian.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  05:41 WIB
Belt conveyor adalah sistem mekanik yang mempunyai fungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain.  - gunungbarautama.com
Belt conveyor adalah sistem mekanik yang mempunyai fungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. - gunungbarautama.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Mokko Otomasi Indonesia, perusahaan di Gresik, JawaTimur yang bergerak di bidang otomasi, teknologi informasi dan sistem kontrol industri, berhasil menyabet salah satu pemenang Startup4Industry 2020 oleh Kementerian Perindustrian.

CEO PT Mokko Otomasi Indonesia M. Fajar Adiatmoko mengatakan sistem otomasi dan conveyor untuk menunjang produksi yang efesien dan efektif semakin berkembang seiring dengan semakin bertumbuhnya industri di Indonesia.

"Sistem otomasi bertujuan untuk menciptakan sistem kendali yang bekerja secara otomatis dalam menjalankan mesin dan peralatan untuk fasilitas dan pabrik produksi,” katanya melalui siaran pers, Kamis (7/1/2021).

Fajar menyebut Mokko telah berpengalaman sejak awal 2016 dalam bidang industri manufaktur dan proses industri. Mokko Otomasi saat ini memiliki beberapa produk unggulan dengan sistem otomasi, antara lain Programable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), Servo Drive & Motor, Inverter (VFD), SCADA, dan Internet of Thinks (IoT).

Sedangkan sistem konveyor merupakan suatu sistem mekanik yang mempunyai fungsi memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem ini banyak dipakai di industri untuk transportasi barang yang jumlahnya sangat banyak dan berkelanjutan.

"Sebagai contoh, produk unggulan kami untuk mendukung ini adalah belt conveyor, roller conveyor, modular conveyor, table top chain conveyor, dan palletizing system,” ujar Fajar.

Kementerian Perindustrian terus mendorong industri kecil menengah (IKM) dapat bertransformasi ke arah digital seiring dengan perkembangan era industri 4.0. Langkah strategis ini untuk meningkatkan efisiensi dalam hal biaya, energi dan waktu sehingga IKM nasional bisa lebih berdaya saing global.

Kegiatan Startup4Industry ini merupakan bagian implementasi program prioritas pada peta jalan Making Indonesia 4.0. Dari gelaran Startup4Industry 2020, sebanyak 20 startup Indonesia dipilih menjadi finalis dan ikut serta dalam Expose Day.

“Expose Day merupakan ajang show off solusi teknologi karya startup Indonesia kepada masyarakat dan para pelaku industri sehingga tema kompetisi 2020 yaitu Indonesia Percaya Diri dengan Teknologi Dalam Negeri dapat terwujud,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih.

Dalam ajang tersebut, dipilih lima pemenang dengan mempertimbangkan empat aspek, yakni peluang bisnis, teknis, kelayakan implementasi, dan dampak inovasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Revolusi Industri 4.0
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top