Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semen Gresik Suplai 10 Persen Kebutuhan Semen Jalan Tol Semarang - Demak

PT Semen Gresik (SG) mengklaim telah menutup kinerja 2020 dengan gemilang kendati di tengah pandemi Covid-19. Salah satu pendorong yakni dengan ditunjuk sebagai salah satu pemasok utama dalam proyek Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah yaitu Jalan Tol Semarang - Demak.
Pembangunan jalan raya tol Semarang - Demak penting dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan jalur Pantai Utara (Pantura). /Kementerian BUMN
Pembangunan jalan raya tol Semarang - Demak penting dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan jalur Pantai Utara (Pantura). /Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Semen Gresik (SG) mengklaim telah menutup kinerja 2020 dengan gemilang kendati di tengah pandemi Covid-19. Salah satu pendorong yakni dengan ditunjuk sebagai salah satu pemasok utama dalam proyek Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah yaitu Jalan Tol Semarang - Demak.

Pengerjaan proyek jalan tol dengan panjang ruas mencapai 27 kilometer ini pun telah dimulai sejak awal 2020 dan diperkirakan rampung pada 2022.

SVP of Sales PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Rahman Kurniawan mengatakan sebagai bagian dari SIG, SG telah menyuplai 10 persen dari total kebutuhan bahan baku semen, sampai minggu ketiga Desember 2020, dengan progres proyek yang masih berjalan hingga saat ini.

"Pengerjaan jalan tol dibagi menjadi dua sesi, pertama jalur Semarang - Sayung sepanjang 10,69 Km, yang merupakan dukungan pemerintah. Lalu sesi kedua jalur Sayung - Demak sepanjang 16,31 Km merupakan tanggung jawab Badan Usaha Jalan Tol PT Pembangunan Perumahan Semarang - Demak," katanya melalui siaran pers, Selasa (5/1/2020).

Rahman mengemukakan SG menggunakan produk unggulan Ultra Pro serta produk, yang termasuk dalam kategori produk semen ramah lingkungan atau green cement, Power Pro. SG pun siap mendukung percepatan pembangunan tol Semarang - Demak dengan produk unggulan yakni Ultra Pro serta Power Pro yang merupakan kategori green cement.

Hal itu sesuai dengan instruksi dari Kementerian Perindustrian sebagai bagian dari komitmen mendukung pengurangan sampah industri, konsumsi energi, serta meminimalisasi emisi karbondioksida.

Rahman menjelaskan, pembangunan jalan raya tol Semarang - Demak penting dilakukan, untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang berada di kawasan Pantai Utara (Pantura).

Selain itu keberadaan jalan tol juga diyakini akan meningkatkan efisiensi industri di wilayah Jawa Tengah, sekaligus untuk mendukung Kabupaten Demak sebagai kawasan wisata religi.

Di samping kebutuhan tiga faktor di atas, Jalan Tol Semarang - Demak juga memiliki keunikan tersendiri. Yakni, akan dibangunnya tanggul laut sepanjang tujuh kilometer untuk menanggulangi banjir rob di Kabupaten Semarang. Nantinya di dalam tanggul laut tersebut akan didirikan anjungan cerdas sebagai tempat istirahat sekaligus lokasi wisata.

"Untuk pembangunan tanggul sepanjang tujuh kilometer dan ajungan cerdasnya, kami memiliki varian semen DuPro series seperti, PPC [Portland Pozolan Cement], semen tipe 5 dan juga SBC [special Blended Cement] yang dapat memenuhi karakteristik konstruksi di laut," ujar Rahman.

Dia menambahkan bahan baku semen yang digunakan SG mampu menghasilkan beton mutu tinggi dengan meminimalisasikan biaya produksi beton per meter kubik. Adapun jaminan kualitas produk dan supply tersebut didukung dengan ketersediaan produk di Pabrik Rembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper