Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Kapal Terakhir 2020 yang Tandai Kinerja Positif Pelindo 1

Pelindo 1 memberikan apresiasi pelepasan kapal terakhir yang berlayar pada 2020 dan penyambutan kapal perdana yang bersandar pada 2021 di seluruh cabang pelabuhannya di empat provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.
KM Chembulk Virgin Gorda yang bermuatan palm oil sebanyak 6.000 ton menjadi kapal terakhir yang lepas sandar di Pelabuhan Dumai, Jumat (1/1/2021). /KEMENTERIAN BUMN
KM Chembulk Virgin Gorda yang bermuatan palm oil sebanyak 6.000 ton menjadi kapal terakhir yang lepas sandar di Pelabuhan Dumai, Jumat (1/1/2021). /KEMENTERIAN BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 memberikan apresiasi pelepasan kapal terakhir yang berlayar pada 2020 dan penyambutan kapal perdana yang bersandar pada 2021 di seluruh cabang pelabuhannya di empat provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau.

Kapal MV Meratus Medan 5 dengan muatan 654 boks atau 868 TEUs tujuan Singapura menjadi kapal terakhir yang lepas sandar dari Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan di terminal A atau terminal internasional pada 2020. Pelepasan kapal ini dan kapal lainnya di pelabuhan Pelindo 1 mengakhiri capaian positif Pelindo 1 sepanjang 2020 yang menantang di tengah resesi perekonomian akibat pandemi Covid-19.

“Kapal terakhir ini menandai kepercayaan dan kerja sama yang terus meningkat antara Pelindo 1 dan para mitranya. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pengguna jasa,” kata General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan seusai memberikan kalung bunga dan cindera mata kepada nakhoda kapal Meratus Medan 5 Kapten Andreas Palalangan, Kamis (31/12/2020), di TPK Belawan, Medan.

Di tengah pandemi yang meluluhlantakkan perekonomian nasional dan global, Pelindo 1 mencatat kinerja positif. Sampai dengan November 2020, Pelindo 1 melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan 145,19 juta GT (Gross Tonnage) atau meningkat 22,3 persen dibandingkan dengan capaian pada November 2019 sebanyak 118,7 juta GT.

Adapun bongkar muat peti kemas sampai dengan November 2020 mencapai 1,06 juta boks, naik 14,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 sebesar 0,93 juta boks. Dalam satuan TEUs, bongkar muat peti kemas mencapai 1,29 juta TEUs, tumbuh 13,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,14 juta TEUs.

Indra menjelaskan, pemberian apresiasi dilakukan secara rutin oleh Pelindo 1 setiap pergantian tahun di seluruh cabang pelabuhannya berupa pelepasan kapal terakhir yang berlayar dan penyambutan kapal perdana yang bersandar di awal tahun yang baru.

Pada hari pertama 2021, Jumat (1/1/2021), digelar penyambutan kapal perdana yang bersandar di terminal A TPK Belawan yakni kapal MV Daya Maju pada pukul 08.00 WIB. Pemberian apresiasi dilakukan oleh Komisaris Pelindo 1 Ahmad Perwira Mulia Tarigan kepada nakhoda Kapten Kaung Khant Zaw didampingi General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan. Kapal MV Daya Maju berangkat dari Portklang Malaysia dan sandar di TPK Belawan dengan membawa muatan 197 boks atau 303 TEUs.

Apresiasi pelepasan kapal terakhir 2020 juga dilakukan di Pelabuhan Belawan terhadap kapal MT Sinar Maluku. Kapal berbendera Indonesia dengan muatan Caustik C Soda ini lepas sandar sekitar pukul 16.30 menuju Merak, Banten. Adapun di Pelabuhan Dumai, kapal terakhir yang lepas sandar adalah kapal Chembulk Virgin Gorda yang bermuatan minyak sawit sebanyak 6.000 Ton.

Terminal B atau terminal domestik TPK Belawan juga memberikan apresiasi pelepasan kapal terakhir 2020 kepada kapal KM Spring Mas yang membawa muatan sebanyak 800 boks. Adapun apresiasi penyambutan kapal perdana 2021 diberikan kepada kapal KM Meratus Jimbaran yang membawa muatan sebesar 900 boks yang sandar di dermaga terminal B TPK Belawan pada pukul 14.00 WIB.

Selain di pelabuhan tersebut, kegiatan ini juga berlangsung di seluruh cabang Pelindo 1, yakni Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Malahayati, Lhokseumawe, Tembilahan, Pekanbaru, Gunung Sitoli, Sibolga, dan Batam.

“Apresiasi pelepasan kapal terakhir dan penyambutan kapal perdana di pergantian tahun merupakan bentuk customer service excellence dari Pelindo 1 agar kerja sama dan sinergitas dengan pengguna jasa menjadi semakin lebih baik. Kegiatan ini juga momentum untuk meningkatkan kinerja dan semangat dalam menyambut 2021,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Kapal Terakhir Lepas Sandar di Pelabuhan Pelindo 1
- MV Meratus Medan 5, lepas sandar TPK Belawan, tujuan Singapura
- MT Sinar Maluku, lepas sandar Pelabuhan Belawan, tujuan Merak, Banten
- Chembulk Virgin Gorda, lepas sandar Pelabuhan Dumai,
- KM Spring Mas, lepas sandar TPK Belawan

Kapal Perdana Sandar di Pelabuhan Pelindo 1
- MV Daya Maju, sandar TPK Belawan
- KM Meratus Jimbaran, terminal B TPK Belawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper