Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Seperti Apa ya, Progres Proyek Jalan Tol Akses Bandara Kertajati?

Jalan tol akses Bandara Kertajati dengan panjang 3,38 km tersebut akan dibangun tambahan tujuh ramp yang akan menghubungkan bandara dengan jalan tol Cipali dan Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  08:43 WIB
Ilustrasi: Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman
Ilustrasi: Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus mempercepat pembangunan ruas tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan tol Cikopo–Palimanan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahawa jalan tol akses BIJB Kertajati menjadi penting untuk mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi, yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri yang saling terkoneksi dan mendukung agar berdaya saing.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas membahas percepatan proyek strategis nasional Patimban pada Selasa, 22 September 2020.

"Presiden menginstruksikan kepada saya agar memonitor dan memastikan penyelesaian pembangunan jalan tol yang menghubungkan antara Kertajati dan Bandung, Jawa Barat, dapat beroperasi akhir 2021 atau paling lambat 2022," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (31/12/2020).

Pembangunan akses BIJB Kertajati merupakan penambahan lingkup jalan tol Cikopo–Palimanan (Cipali).

Jalan tol dengan panjang 3,38 km tersebut akan dibangun tambahan tujuh ramp yang akan menghubungkan bandara dengan jalan tol Cipali dan Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu).

Menurut Basuki, dengan dibangunnya ruas tol akses Bandara Kertajati selama satu tahun ke depan bersamaan dengan target rampungnya pembangunan jalan tol Cisumdawu pada akhir 2021 diharapkan akan mendukung konektivitas menuju ke bandara sehingga berkontribusi mengembangkan kawasan Kertajati.

Pembangunan jalan tol akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan tol Cipali dimulai dari KM 158+700.

Konstruksi ruas tol ini mulai dibangun sejak kontrak pekerjaan 28 September 2020 dengan masa pelaksanaan 305 hari kalender. Progres pembangunan hingga 20 Desember 2020 telah mencapai 34,72 persen atau lebih cepat dari rencana sebesar 34,61 persen.

Pembangunannya dilaksanakan PT Lintas Marga Sedaya selaku pemegang konsesi dan juga PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. dan PT Acset Indonusa Tbk. selaku kontraktor pelaksana dengan nilaib proyek sebesar Rp692 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bandara kertajati
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top