Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Pariwisata Sandi Uno: Target Tidak Bisa Muluk-muluk

Menteri Pariwisata Sandi Uno menyebutkan pemerintah fokus memperketat protokol kesehatan ditempat wisata.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 29 Desember 2020  |  20:26 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020)  -  Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020) - Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno menyebutkan target terdekat yang dilakukan pihaknya di tengah pandemi Covid-19 adalah memastikan tempat-tempat wisata menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Pariwisata sangat bergantung terhadap aspek kesehatan. Kami enggak bisa kasih target yang muluk-muluk. Harus realistis bahwa kami harus dahulukan aspek keselamatan," tutur Sandi dalam acara diskusi bersama Kadin Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Dengan realitas ini, lembaganya belum akan memasang target kunjungan wisata dalam jangka pendek.

Sandi juga berkata bahwa Kementerian Pariwisata siap berkoordinasi dengan kebijakan lembaga lain. Termasuk mendukung regulasi yang baru diterapkan Kementerian Luar Negeri guna mewajibkan Warga Negara Asing (WNA) pendatang baru untuk melakukan karantina minimal 5 hari.

Meski demikian, bukan berarti kunjungan wisatawan akan diabaikan.

Sandi berkata telah menyiapkan berbagai kebijakan untuk kembali membuat industri pariwisata bergeliat. Utamanya untuk meningkatkan gairah wisatawan lokal yang disebutnya sebagai tumpuan utama saat ini.

"Sekarang tumpuan kita hanya wisatawan domestik. Paling tidak pada 2021 ini, sambil menunggu vaksin dan pulihnya kesehatan," imbuhnya.

Jelang pergantian tahun, pandemi Covid-19 masih menjadi momok yang belum mampu dikendalikan pemerintah. Hingga Selasa (29/12/2020) jumlah kasus kumulatif di Indonesia telah menembus angka 727.122 pasien terinfeksi.

Dari jumlah tersebut, baru 596.783 di antaranya dinyatakan sembuh sementara korban meninggal telah mencapai 21.703 jiwa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sandiaga uno menteri pariwisata
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top