Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beroperasi hingga Pukul 22.00, KRL Angkut 2,93 Juta Orang saat Natal

KRL Jabodetabek mengangkut 2,93 juta penumpang selama periode Natal usai menyesuaikan jam operasional hingga pukul 22.00.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 27 Desember 2020  |  19:24 WIB
Penumpang KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara KA6115 berdesakan,d an tanpa jarak yang berisiko tertular Covid-19. - Twitter @annmaart20
Penumpang KRL Commuter Line Bogor-Jatinegara KA6115 berdesakan,d an tanpa jarak yang berisiko tertular Covid-19. - Twitter @annmaart20

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter mencatat sebanyak lebih dari 2,93 juta penumpang menggunakan layanan KRL Jabodetabek pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru atau mulai 18 Desember hingga 26 Desember 2020.

Operator KRL tersebut telah menyesuaikan layanan operasional KRL Commuter Line di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru, 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan Penyesuaian dilakukan sesuai arahan pemerintah guna menekan penyebaran Covid-19. Mulai 20 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, KAI Commuter mengoperasikan 964 perjalanan KRL per hari, mulai pukul 04.00-22.00 WIB.

“KAI Commuter mencatat sebanyak 2.943.746 orang menggunakan layanan KRL di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru atau mulai 18 hingga 26 Desember kemarin,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (27/12/2020).

Anne memerinci khususnya pada 24 Desember, 25 Desember, dan 26 Desember, tercatat jumlah pengguna masing-masing adalah sebanyak 291.274 orang, 212.342 orang, dan 285.495 orang. Dari segi volume pengguna, Stasiun Bogor masih tercatat sebagai stasiun tersibuk selama 9 hari masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, dengan total telah melayani 100.504 pengguna.

Anne menyebutkan pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini mayoritas pengguna KRL adalah pengguna musiman yang tidak setiap hari menggunakan KRL. Petugas di stasiun maupun di dalam KRL senantiasa memberikan edukasi dan mengingatkan penerapan protokol kesehatan ketika para pengguna akan naik KRL.

Protokol kesehatan yang diterapkan adalah wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu terdapat pula aturan bagi lansia hanya dapat naik kereta pada pukul 10.00 – 14.00 atau di luar jam sibuk. Sementara bagi balita tidak diperkenankan naik KRL.

Menjelang pergantian tahun yang tinggal beberapa hari lagi, KAI Commuter tidak akan menambah perjalanan KRL seperti tahun-tahun sebelumnya. Ini sejalan dengan aturan pemerintah untuk tidak ada kegiatan malam tahun baru guna menghambat penyebaran Covid-19.

Pada pergantian tahun nanti, KAI Commuter tetap beroperasi hanya sampai pukul 22.00 WIB. Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan juga tetap berlaku.

Selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru ini KAI Commuter menyiapkan 28 loket portabel yang tersebar di 13 stasiun antara lain Stasiun Tanah Abang, Bogor, Jakarta Kota, Bekasi, Cikarang, Rangkasbitung, Kemayoran, Depok, Depok Baru, Lenteng Agung, Pasar Minggu, Manggarai, dan Bojong Gede.

Fasilitas tambahan untuk pengguna juga disiapkan KAI Commuter antara lain dengan penambahan enam toilet portabel di Stasiun Depok, Citayam, Lenteng Agung, Manggarai, Sudirman, dan Rawa Buntu. Selain itu, ada juga tujuh tenda untuk mengakomodir antrean pengguna diantaranya di Stasiun Bogor, Citayam, Depok Baru, Ancol, Bekasi, Tambun, dan Rangkasbitung.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api krl
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top