Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

H-1 Natal, 10.151 Penumpang Tes Covid-19 di Bandara Soekarto-Hatta!

Pada 24 Desember yang merupakan puncak arus mudik menjelang Natal tesebut, jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 menjadi yang tertinggi selama ini.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  15:57 WIB
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta.  - AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. - AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) mengaktifkan Airport Health Center di bandara-bandara yang dikelolanya untuk mendukung terwujudnya penerbangan sehat di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaannya pun cukup diminati calon penumpang.

Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin menuturkan keberadaan Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta sangat membantu calon penumpang pesawat untuk memenuhi protokol kesehatan khususnya terkait tes Covid-19.

Pada 24 Desember yang merupakan puncak arus mudik menjelang Natal, jumlah calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta mencapai 10.151 orang atau yang tertinggi selama ini.

"Dari jumah itu, sebanyak 1.281 orang melakukan tes melalui pre-order service atau pemesanan jadwal terlebih dahulu, lalu 457 orang drive thru service [tes tanpa turun kendaraan] dan 8.414 orang walk in service [datang langsung ke lokasi tes]," katanya, Jumat (24/12/2020).

Meski mencapai jumlah yang melakukan tes merupakan tertinggi selama ini, pelaksanaan tes Covid-19 diklaim sangat berjalan lancar.

Salah satu kunci kelancaran pelaksanaan tes Covid-19 kemarin adalah didukung semakin optimalnya pre-order service yang dapat diakses melalui travelation.angkasapura2.co.id, aplikasi Indonesia Airport (INAirport), dan barcode yang ada di lokasi pre-order service.

“Pre-order service adalah solusi yang mengkolaborasikan digitalisasi dengan layanan offline untuk memberikan jaminan jadwal tes Covid-19 yang lebih terencana di bandara sehingga layanan Airport Health Center semakin meningkat. Keberadaan pre-order service ini sangat mendukung kelancaraan pelaksanaan tes secara keseluruhan,” ujarnya.

Awaluddin mengatakan pre-order service ini sekaligus sebagai fungsi kontrol (control) dalam pelaksanaan tes Covid-19 di bandara.

“Artinya, dengan pre-order service ini calon penumpang pesawat dapat memilih jadwal tes yang terbaik dengan mempertimbangkan jadwal keberangkatan. Di sisi lain, PT Angkasa Pura II dapat mendistribusikan dengan baik permintaan tes tersebut untuk menghindari antrean sehingga protokol kesehatan dapat diterapkan penuh,” jelas Muhammad Awaluddin.

Selain fungsi control, pre-order service ini dapat memberikan kepastian (certainty) jadwal pelaksanana tes yang kemudian secara langsung berdampak pada meningkatnya kenyamanan (convenient) calon penumpang pesawat dalam melakukan tes Covid-19.

Keunggulan pre-order service juga diakui calon penumpang pesawat, dapat dilihat dari jumlah orang yang memilih layanan ini meningkat setiap harinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara soekarno-hatta Covid-19
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top