Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Pemulihan Ekonomi, Ini Janji Sandiaga Uno Untuk UMKM

Sandiaga Uno berjanji akan menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kolaborasi dengan sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM).
Mantan Ketua dan Kader Hipmi berkumpul kembali di Kabinet Jokowi: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Bahlil Lahadalia, dan M. Lutfi / Sumber: Istimewa
Mantan Ketua dan Kader Hipmi berkumpul kembali di Kabinet Jokowi: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Bahlil Lahadalia, dan M. Lutfi / Sumber: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap untuk berkolaborasi dengan pelaku ekonomi kreatif di daerah guna membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Pihaknya berjanji akan menyelamatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lewat kolaborasi dengan sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM).

"Kita langsung gerak cepat, saya mengunjungi Pak Menteri BUMN (Erick Thohir) juga mengundang Pak Mendag dan Bapak Menteri Investasi kita Kepala BKPM karena kita harus berkolaborasi segera kebijakan ini harus kita pastikan eksekusi yang tepat waktu, tepat sasaran, tepat manfaat," ujarnya, seperti dikutip Jumat (25/12/2020).

Menurutnya, peran ketiga kementerian dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut. Sebab kebijakan ketiga kementerian itu sangat mempengaruhi kebangkitan ekonomi rakyat.

Sandi menambahkan, bantuan Menteri Perdagangan dari segi kebijakan-kebijakan perdagangan yang mudah-mudahan bisa berpihak kepada kebangkitan ekonomi rakyat sangat dibutuhkan. Adapun peran BKPM juga tak kalah penting untuk menarik investasi.

Sedangkan peran yang sangat menentukan adalah Kementerian BUMN, di mana kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir sangat mempengaruhi ekonomi nasional secara menyeluruh.

"Dan ini yang paling banyak duitnya, Kementerian BUMN. Karena, pasti dalam satu tahun ini kita banyak sekali keterbatasan-keterbatasan, tapi Pak Erick Thohir ini punya keleluasaan dalam menggunakan balance sheet yang dimiliki sektor BUMN ini," ujarnya.

Sandi pun berharap hal itu menjadi sumbangsih pertama dalam dharma bakti mereka terhadap kebangkitan ekonomi Indonesia dalam mengatasi Covid-19. "Dan kesempatan kita untuk membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," ujarnya.

Direktur Event OK OCE Indonesia yang juga Ketua umum Jaringan Wirausaha Depok (Jawara) Ubaidilah meyakini, lewat sejumlah kiprah yang selama ini dilakukan Sandi Uno yang juga founder OK OCE Indonesia ini, dapat mengembalikan geliat industri pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk akibat Covid-19.

"Saya berharap dengan terpilihnya Bang Sandi memimpin Kemenparekraf akan mampu membangkitkan optimisme positif bagi dunia usaha. Khususnya bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Depok," ujarnya.

Jawara Depok selama pandemi juga aktif mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Depok, seperti webinar-webinar softskill maupun hardskill, sedekah endorse dari artis kenamaan untuk ukm, dan bantuan permodalan bagi ukm yang terdampak.

"Di Kota Depok banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan. Harapan ke depan kami bisa berkomunikasi lebih intens dengan Kemenparekraf untuk mampu menggerakan roda ekonomi dan membuka lapangan kerja di kota Depok" harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper