Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pebisnis Perikanan dan Kelautan Berharap Aturan Larangan Ekspor Benih Lobster Dicabut

Ketua Umum Federasi Pelaku Usaha Perikanan dan Kelautan (Ferpukpi) Kris Budihardjo mengatakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru perlu segera mengambil keputusan terkait dengan larangan ekspor benih lobster.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  14:13 WIB
Lobster mutiara merupakan hewan konsumsi air laut yang bernilai ekonomis tinggi. Rasa dagingnya gurih dan lezat membuat permintaan pasar yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Peluang pembudidayaan pun masih sangat terbuka.   - KLHK
Lobster mutiara merupakan hewan konsumsi air laut yang bernilai ekonomis tinggi. Rasa dagingnya gurih dan lezat membuat permintaan pasar yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Peluang pembudidayaan pun masih sangat terbuka. - KLHK

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

Sakti Wahyu Trenggono sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Saat kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Sakti Wahyu masuk dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ketua Umum Federasi Pelaku Usaha Perikanan dan Kelautan (Ferpukpi) Kris Budihardjo mengatakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru perlu segera mengambil keputusan terkait dengan larangan ekspor benih lobster.

"Aturan larangan ekspor baby lobster mestinya dicabut. Kasihan pelaku usaha kecil yang sudah investasi sejak tahun lalu untuk bisa ekspor," ujarnya melalui keterangan resminya, Kamis (24/12/2020).

Kebijakan larangan ekspor benih lobster ditetapkan setelah kasus dugaan korupsi yang menimpa Menteri KKP sebelumnya, Edhy Prabowo.

Pada era Edhy Prabowo, ekspor benih lobster dibuka dengan pertimbangan permintaan pasar luar negeri yang cukup tinggi dan menghindari penyelundupan.

Sejalan dengan kebijakan ekspor, pelaku usaha di sejumlah daerah melakukan pembenihan lobster. Hanya saja, saat ini kebijakan ekspor masih ditutup sejalan dengan perkara korupsi.

Kris berharap Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono bisa mengambil keputusan yang bijak terkait dengan kebijakan ekspor benih lobster.

Dia berharap kebijakan larangan ekspor dicabut dengan diimbangi langkah-langkah evaluasi yang terukur. 

Dengan kata lain, pencabutan larangan ekspor benih lobster yang menyangkut perkara korupsi, jangan sampai menganggu pelaku usaha lain yang sudah menanamkan modalnya. 

"Buka dulu, setahun ke depan sambil di evaluasi. Pelaku usaha kecil-kecil yang sudah investasi saat ini terus terang kesulitan," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian kelautan dan perikanan Lobster benih lobster
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top