Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alami Gelombang Kedua Covid-19, PDB Kanada Masih Catat Ekspansi di Atas Perkiraan

Badan Statistik Kanada melaporkan pada Rabu (23/12/2020), produk domestik bruto (PDB) tumbuh 0,4 persen pada Oktober dari bulan sebelumnya. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi ekonomi yang memperkirakan ekspansi 0,3 persen.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 23 Desember 2020  |  21:46 WIB
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dalam sebuah konferensi pers di Chelsea, Quebec, Kanada, Jumat (19/6/2020). - Bloomberg/David Kawai
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dalam sebuah konferensi pers di Chelsea, Quebec, Kanada, Jumat (19/6/2020). - Bloomberg/David Kawai

Bisnis.com, JAKARTA – Ekonomi Kanada mencatat ekspansi lebih dari perkiraan pada bulan Oktober, mengurangi kekhawatiran perlambatan tajam di tengah gelombang kedua virus corona.

Dilansir Bloomberg, Badan Statistik Kanada melaporkan pada Rabu (23/12/2020), produk domestik bruto (PDB) tumbuh 0,4 persen pada Oktober dari bulan sebelumnya. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan proyeksi ekonomi yang memperkirakan ekspansi 0,3 persen.

Ekonomi Kanada pulih kuat pada kuartal ketiga, namun gelombang kedua virus corona menghambat prospek jangka pendek, dengan rata-rata kasus baru melampaui 6.600 per hari. Jumlah ini lebih dari tiga kali lipat dari gelombang pertama pada bulan April dan Mei.

Ekonom Capital Economics Stephen Brown mengatakan perekonomian terus pulih dengan kecepatan yang cukup baik pada bulan Oktober dan November, terlepas dari adanya pembatasan pada sektor jasa berisiko tinggi.

“Tetapi lockdown yang mulai berlaku di Ontario dan Quebec berarti PDB akan turun kembali pada bulan Desember dan Januari,” ungkap Stephen dalam sebuah laporan kepada investor, seperti dikutip Bloomberg.

Di sisi lain, pemerintah Perdana Menteri Justin Trudeau telah berupaya mengamankan lebih dari 400.000 dosis vaksin Covid-19 dan berencana melakukan vaksinasi kepada sebanyak mungkin warga Kanada sebelum akhir tahun.

Pertumbuhan PDB tersebut menunjukkan aktivitas ekonomi di bulan Oktober mencapai sekitar 96 persen dari level output di bulan Februari. Sektor produksi barang naik 0,1 persen pada Oktober, sementara output jasa naik 0,5 persen.

Sementara itu, sebanyak 16 dari 20 sektor industri secara keseluruhan mengalami ekspansi.

Meskipun para ekonom melihat peluncuran vaksin membuka pintu untuk rebound tajam pada tahun 2021, Kanada diperkirakan masih bisa mengalami sejumlah tekanan ekonomi jangka pendek dalam beberapa pekan ke depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanada produk domestik bruto
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top