Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kideco Kembali Meraih Proper Emas

Penyematan predikat Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan bagian dari upaya menjaga bisnis berkelanjutan. Inilah yang dilakukan Kideco Jaya Agung, usaha tambang batu bara Indika Energy Group.
Ilustrasi Batu Bara
Ilustrasi Batu Bara

Bisnis.com, JAKARTA- PT Kideco Jaya Agung (Kideco), salah satu anak perusahaan PT Indika Energy Tbk, kembali meraih Anugerah Lingkungan PROPER 2020 berupa penghargaan PROPER Emas dalam pengelolaan lingkungan hidup kategori Industri Tambang Mineral dan Batubara.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, pada hari Senin (14/12/2020). 

Proper Emas merupakan apresiasi tertinggi atas kinerja Perusahaan yang telah secara konsisten menunjukan keunggulan pengelolaan lingkungan dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. 

Capaian ini adalah prestasi membanggakan bagi Kideco, karena telah berhasil mempertahankan Proper Emas yang juga telah diterima pada tahun 2019 yang lalu. Hal ini merupakan hasil komitmen dan kerjasama manajemen beserta seluruh karyawan, didukung oleh para pemangku kepentingan, masyarakat dan pemerintah. 

Presiden Direktur Kideco M. Kurnia Ariawan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas capaian Proper Emas tingkat nasional ini. Kideco selalu berkomitmen terhadap kelestarian lingkungan, dengan memenuhi berbagai aspek yang meliputi penerapan Sistem Manajemen Lingkungan (SML), melakukan Efisiensi Energi dan Penurunan Emisi, melakukan pengelolaan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) Limbah B3 dan Limbah Padat Non B3, pengelolaan efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air, perlindungan Keanekaragaman Hayati, serta program tanggung jawab sosial lainnya.

Kideco telah melaksanakan berbagai  program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) bagi masyarakat lingkar tambang yang mendukung terciptanya nilai creating shared value (CSV) antara perusahaan dan masyarakat, di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, infrastruktur, keagamaan, kepemudaan hingga sosial budaya.

Dalam penilaian Proper Nasional tahun ini Kideco mengajukan program adisionalitas yaitu  Mandiri melalui usaha Air Minum isi ulang berbasis teknologi Reverse Osmosis, pengelolaan kotoran ternak menjadi Pupuk Super Organik, serta  program Inovasi  Pemanfaatan limbah serbuk kayu dalam pembuatan baglog media budidaya Jamur Tiram oleh Kelompok Tani Rindang Jaya.

M. Kurnia Ariawan juga menambahkan, bahwa Proper Emas bukanlah semata meningkatkan reputasi, tetapi menjadi bagian dari tanggung jawab  sosial dan lingkungan yang tidak terpisahkan dari bisnis inti Kideco.

“Kami juga fokus dalam mendukung kegiatan Sustainable Development Goals (SDGs) serta berbagai kegiatan kebencanaan Alam dan Non-Alam berupa pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Paser khususnya dan Kalimantan Timur pada umumnya,” ujar Kurnia Ariawan.

Proper Emas tingkat Nasional ini melengkapi capaian Kideco di tahun 2020 yang sebelumnya telah meraih Proper Emas tingkat Propinsi  (Peringkat Kinerja Perusahaan – Propinsi Kaltim), ADITAMA (Good Mining Practice bidang Pengelolaan Lingkungan Pertambangan – KESDM), ICA (Indonesia CSR Awards – Kemensos), dan TOP CSR Award 2020.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper