Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembangunan Sodetan Cisangkuy Rampung

Keberadaan sodetan Cisangkuy akan mengurangi genangan seluas 700 hektare sehingga total luasan genangan banjir semula 3.461 ha berkurang menjadi 2.761 ha.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 03 Desember 2020  |  13:17 WIB
Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Bandung Jawa Barat. - Dok. Humas BNPB
Banjir merendam ribuan rumah di Kabupaten Bandung Jawa Barat. - Dok. Humas BNPB

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan menuntaskan pembangunan sodetan Cisangkuy yang merupakan tindak lanjut amanat Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa sodetan Cisangkuy akan mengalirkan debit banjir sebesar 215 meter kubik/detik yang semula bermuara ke Dayeuhkolot menjadi bermuara ke Pameungpeuk sehingga mengurangi lama genangan dan luas genangan di daerah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya Dayeuhkolot, Baleendah, Andir, dan sekitarnya.

Floodway Cisangkuy ini sodetan untuk masuk ke Sungai Citarum di hilir Dayeuhkolot yang langganan banjir. Debit banjir akan kami alirkan ke floodway Cisangkuy sekitar 200 m3/detik sehingga yang lewat Sungai Cisangkuy yang asli hanya 5 m3/detik. Ini akan mengurangi beban Sungai Citarum di Dayeuhkolot,” tutur Basuki melalui siaran persnya, Kamis (3/12/2020).

Berdasarkan data Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Kementerian PUPR, sodetan Cisangkuy yang merupakan satu sistem dengan normalisasi upstream Citarum, embung Gedebage, kolam retensi Cieunteung, terowongan Nanjung, dan peningkatan kapasitas Sungai Citarum akan mengurangi luas genangan seluas 700 hektare sehingga total luasan genangan banjir semula 3.461 ha berkurang menjadi 2.761 ha.

Kepala BBWS Citarum Anang Muchlis mengatakan bahwa infrastruktur pengendali banjir tersebut berperan mempercepat turunnya muka air Sungai Citarum di Baleendah, Dayeuhkolot yang kerap meluap ketika hujan tiba sehingga air yang menggenang hingga ke pemukiman dapat dicegah.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SODETAN banjir bandung
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top