Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIPI Ditunjuk Menjadi Koordinator Riset Baterai Kendaraan Listrik

Target utama pengembangan dalam 5 tahun tersebut adalah menguasai teknologi untuk bus listrik berukuran sedang.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 30 November 2020  |  19:56 WIB
Ilustrasi: Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV di Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi, Jumat (6/11/2020).  - KeMenko Marves
Ilustrasi: Hyundai Kona EV dan Hyundai Ioniq EV di Pabrik Mobil Listrik Hyundai di Sukamukti Bekasi, Jumat (6/11/2020). - KeMenko Marves

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah disebut-sebut telah menunjuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai koordinator riset baterai  dan kendaraan listrik.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa lembaga tersebut ditunjuk menjadi koordinator riset baterai dan kendaraan listrik untuk periode 2020—2024.

Dia mengatakan bahwa target utama pengembangan dalam 5 tahun tersebut adalah menguasai teknologi untuk bus listrik berukuran sedang.

"Target utama adalah menguasai teknologi untuk bus listrik ukuran sedang, tetapi untuk target antara kami memutuskan untuk juga mengembangkan otonom dan personal mobile EV [electric vehicle]," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII, Senin (30/11/2020).

Tri menuturkan bahwa riset untuk kendaraan bus berukuran sedang pengembangannya tidak dalam waktu dekat. Namun, pada tahun depan pihaknya akan fokus pada pengembangan kendaraan otonom.

Kendaraan otonom merupakan kendaraan berbasis motor listrik tanpa pengemudi. Kendaraan itu rencananya tidak digunakan di jalan umum, tetapi hanya untuk kebutuhan perkantoran dan tempat wisata.

Sementara itu, Tri mengatakan bahwa dalam pengembangan kendaraan listrik di dalam negeri masih diperlukan tinjauan lebih lanjut terkait dengan prioritas dan ukuran yang dikembangkan. Pasalnya hal itu akan menjadi rujukan pengembangan baterai, stasiun pengisian baterai sehingga pikenya melihat kalau langsung ke bus ukuran sedang atau besar masih terlalu jauh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi Kendaraan Listrik
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top