Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cerita para Guru, Bantuan Sosial Sungguh Nyata Terasa Manfaatnya

Sejumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh merupakan hambatan utama para guru di masa pandemi ini.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 26 November 2020  |  06:00 WIB
Foto: Tiga guru dan dosen penerima manfaat BSU Deswita Supriyatni (Dosen di Cimahi), Sri Murni (Dosen di Lampung) (kiri bawah), dan Arya Wiratman (Guru di Jakarta Timur) (kanan atas) berdiskusi mengenai Mendukung Para Pendidik Tetap Berkarya di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.
Foto: Tiga guru dan dosen penerima manfaat BSU Deswita Supriyatni (Dosen di Cimahi), Sri Murni (Dosen di Lampung) (kiri bawah), dan Arya Wiratman (Guru di Jakarta Timur) (kanan atas) berdiskusi mengenai Mendukung Para Pendidik Tetap Berkarya di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

Bisnis.com, JAKARTA - Para guru telah mendapat bantuan pemerintah berupa subsidi upah dan kuota internet gratis. Kedua bantuan itu terasa sangat bermanfaat bagi para guru.

Pengeluaran hari-hari para guru yang sebelumnya disisihkan untuk membeli kuota kini dapat digunakan kembali untuk keperluan sehari-hari.

Pengalaman itu dituturkan tiga guru dan tenaga pendidik yang hadir dalam Dialog Produktif dengan tema ‘Mendukung Para Pendidik Tetap Berkarya’ yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (25/11/2020).

Hadir sebagai narasumber Arya Wiratman, Guru SDS Islam Ibnu Hajar Cipayung Jakarta Timur; Deswita Supriyatni MPd, Dosen Program Studi PJKR STKIP Pasundan; dan Sri Murni S.Pd., M.Pd, Dosen STKIP PGRI Bandar Lampung.

Sebelum ada bantuan, para guru dan tenaga pendidik ini mengaku mengalami hambatan terutama terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

“Sebelum ada bantuan subsidi pulsa untuk kuota internet, kondisi sangat sulit dan terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan harus pintar mengatur keuangan keluarga dan menyisihkan agar kebutuhan kuota internet terpenuhi. Setelah ada bantuan sangat meringankan beban pengeluaran sehari-hari,” kata Arya.

Kesulitan Arya semakin bertambah, karena satu dari dua anaknya merupakan anak berkebutuhan khusus. Arya harus berhitung dengan pengeluarannya agar semua kebutuhan tercukupi. Ketika bantuan subsidi upah dan kuota internet gratis digelontorkan, Arya bisa bernapas sedikit lega.

Hal ini senada juga diungkapkan Sri Murni yang merasa sangat terbantu dan bersyukur atas bantuan dari Pemerintah baik dalam bentuk pulsa maupun BSU.

“Sebelum ada bantuan kami harus pintar-pintar menyisihkan dana untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran. Sangat bersyukur dengan bantuan pemerintah baik dalam bentuk pulsa maupun BSU. Uang yang awalnya kami sisihkan untuk kuota bisa kembali kami pakai untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” akunya.

Di lain sisi, Deswita yang merupakan orang tua tunggal mengaku harus mengatur ulang perencanaan keuangan keluarganya. Kebutuhan primer dan biaya internet menjadi prioritas. “Dengan bantuan dari pemerintah ini tentunya sangat membantu sekali sehingga perencanaan keuangan keluarga bisa kembali seperti semula,” ungkapnya.

Dari pengalaman yang diceritakan para guru dan tenaga pendidik ini, manfaat bantuan pemerintah sungguh dirasakan langsung para penerimanya.

Bantuan kuota internet dan BSU yang diterima para guru dan tenaga pendidik membuat beban mereka lebih ringan dalam menghadapi proses Pembelajaran Jarak Jauh yang harus dijalankan akibat pandemi. Keuangan keluarga dan kebutuhan sehari-hari kini dapat tercukupi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan bantuan sosial Pemulihan Ekonomi Nasional
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top