Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Terdampak Proyek Tol Perlu Diberi Modal & Pelatihan Wirausaha

Perlu disiapkan anggaran pelatihan wirausaha bagi warga terdampak proyek tol. Dalam pembangunan tol di Jawa, harus diperhatikan adalah banyak lahan produktif dan masyarakat petani penggarap lahan kehilangan mata pencaharian.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 24 November 2020  |  16:52 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).Antara - M. Ibnu Chazar
Sejumlah kendaraan melaju di jalan tol Jakarta - Cikampek (Japek) KM 47, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).Antara - M. Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA—Proyek jalan tol di wilayah ibu kota dan di Pulau Jawa pada umumnya berada di perkotaan, sehingga berpotensi menggusur warga setempat ke daerah lainnya.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menilai perlu adanya anggaran pelatihan wirausaha bagi warga terdampak proyek tol.

"Pembangunan tol di Jawa ini yang harus diperhatikan adalah banyak lahan produktif dan masyarakat petani penggarap lahan itu menjadi kehilangan mata pencaharian. Kondisi ini sulit dihindarkan," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (24/11/2020).

Menurutnya, guna mengantisipasi dampak kepada petani itu, perlu diberikan pelatihan, pendampingan, serta modal bagi para petani untuk memulai usaha.

Sebelumnya delapan proyek pembangunan jalan tol dengan total panjang 284,63 kilometer telah masuk dalam tahap persiapan lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berdasarkan data dari laman resmi Kementerian PUPR Badan Pengatur Jalan Tol, delapan proyek itu memiliki nilai investasi Rp127,26 triliun.

Adapun, pemrakarsa dari proyek jalan tol tersebut terpantau banyak berasal dari kalangan swasta dan seluruh proyeknya berlokasi di Pulau Jawa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top