Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sebentar Lagi, Hutama Karya Bangun Dermaga Terminal BBM Tanjung Batu

Hingga saat ini, proyek dermaga TBBM Tanjung Batu masih dalam proses detailed engineering design dan masuk dalam tahap geothechnical/soil investigation sambil menunggu izin amdal.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 20 November 2020  |  16:52 WIB
Logo PT Hutama Karya (Persero). - Bisnis
Logo PT Hutama Karya (Persero). - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya (Persero) tengah mempersiapkan konstruksi pembangunan dermaga terminal bahan bakar minyak Tanjung Batu milik PT Pertamina (Persero). Lelang proyek ini telah dimenangi Hutama Karya pada awal 2020.

Direktur Operasi II Hutama Karya Novias Nurendra menjelaskan bahwa paket pekerjaan konstruksi dermaga tersebut mencakup pembangunan jetty atau sandaran kapal, pembangunan trestle atau jalan akses penghubung jetty ke daratan, pembuatan mooring dolphin, berthing dolphin, dan sarana penunjang dermaga lainnya. Waktu pelaksanakan proyek ditargetkan selama 18 bulan, terhitung sejak 22 April 2020.

"Hingga saat ini, proyek dermaga TBBM Tanjung Batu masih dalam proses detailed engineering design dan masuk dalam tahap geothechnical/soil investigation sambil menunggu izin amdal yang masih dalam proses penerbitan," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (20/11/2020).

Dermaga TBBM ini akan memiliki empat jetty dengan kapasitas yang berbeda. Jetty I dengan luas 25 meter x 15 meter akan mampu disandari kapal tanker dengan bobot mati 17.500 DWT—50.000 DWT. Jetty II seluas 18 m x 15 m dapat menjadi sandaran kapal berkapasitas 1.500 DWT—17.500 DWT.

Sementara itu, untuk jetty III dan IV berukuran sama yakni 22,5 m x 15 m, mampu menampung kapal berbobot mati 500 DWT—8.000 DWT.

Menurut Novias, ada beberapa tantangan dalam pembangunan dermaga terminal BBM ini. Misalnya, lokasi proyek hanya bisa diakses melalui jalur laut dan tidak diizinkan mendirikan camp pekerja di area lokasi proyek sehingga dibutuhkan waktu dan biaya dalam melakukan mobilisasi dan demobilisasi pekerja setiap harinya.

Selain itu, area kerja juga berdekatan dengan Pertamina Trans Kontinental Shorebase Tanjung Batu (PTSB) Balikpapan yang mengharuskan pendatangan material dan peralatan melalui fasilitas dari PTSB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya dermaga
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top