Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Nataru, Kemenhub Minta Maskapai Patuhi Surat Edaran Ini

Kemenhub telah mempersiapkan pemenuhan protokol kesehatan periode libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) mengacu pada surat edaran yang berlaku.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 19 November 2020  |  19:11 WIB
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang yang baru tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020).Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang yang baru tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (2/3/2020).Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih akan mengacu pada pemenuhan protokol kesehatan SE Gugus Tugas No. 7/2020 yang sampai saat ini masih berlaku dan dianggap sah dalam mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode Natal dan Tahun Baru 2021.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan untuk lebih detil terkait penangannya pihaknya akan melakukan pembahasan tidak mungkin bisa memutuskan sendiri.

Selain tentunya koordinasi dengan satgas, koordinasi dengan Kemenkes apabila terjadi evaluasi terhadap peraturan perundangan yang dilaksanakan bersama.

"Kami ikuti SE 7 dan SE 9 Satgas, kami juga punya SE 13 sampai detik ini masih berlaku. Karena itu kami berharap dan mengimbau SE ini dapat dilakukan," ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Novie membeberkan mulai sepekan ini akan ada rapat maraton untuk bisa mengatur persiapan melayani liburan. Protokol kesehatan tetap jadi panglima tertinggi.

Novie pun tetap berharap, transportasi udara tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat untuk digunakan massal.

"Kami cukup hati-hati. Mudah-mudahan dengan adanya perkembangan yang lebih baik, dengan adanya HEPA yang sudah proven terkait dengan pesawat udara aman dan bisa digunakan dengan load tertentu ini akan dilakukan dan diperjuangkan maksimal," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Natal dan Tahun Baru
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top