Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Pekan, Jumlah Penumpang KRL Relatif Stabil

KAI Commuter menuturkan jumlah pengguna KRL tidak mengalami banyak kenaikan, hanya tiga stasiun yang tercatat ada pertumbuhan jumlah penumpang.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter mencatat jumlah pengguna KRL sebanyak 113.341 orang pada Senin (16/11/2020) hingga pukul 08.00 WIB dengan jumlah kenaikan terjadi di tiga stasiun.

VP Corporate Communications KAI Commuter Anne Purba mengatakan secara keseluruhan jumlah pengguna ini naik dibanding Senin pekan lalu pada waktu yang sama, dimana pengguna KRL berjumlah 112.952 orang. Sebanyak 997 perjalanan KRL per hari dioperasikan dengan mulai pukul 04.00-00.00 WIB.

"Stasiun-stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam [8.609 pengguna, naik 19 persen dibandingkan dengan waktu yang sama pekan lalu], Stasiun Bekasi [7.051 pengguna, naik 13 persen], dan Stasiun Cilebut [5.220 pengguna, naik 2 persen]," ujarnya melalui siaran pers, Senin (16/11/2020).

Dia menambahkan beberapa stasiun tercatat ada penurunan jumlah pengguna, misalnya Stasiun Bogor (9.556 pengguna, turun 1 persen). Namun, rata-rata situasi dan kondisi di seluruh stasiun pada pagi hari ini relatif kondusif dengan antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar physical distancing diantara para pengguna tetap terjaga.

KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. Informasi jadwal, posisi kereta, dan pantauan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access.

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Adapun, anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL.

Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan, KAI Commuter menghimbau pengguna untuk membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah antara lain jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper