Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LRT Jabodebek Beroperasi Juni 2022, Menteri Budi Puji 3 BUMN

LRT Jabodetabek digagas Presiden Joko Widodo setelah proyek serupa yakni Monorel Jakarta mangkrak.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 November 2020  |  20:48 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  - Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. - Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dipastikan dapat beroperasi pada 2020.

Keyakinan itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan uji coba sistem persinyalan kereta ringan atau light rail transit (LRT) Jabodebek dari Stasiun TMII sampai Stasiun Harjamukti, Cibubur pergi pulang (PP) pada Minggu (15/11).

"Hari ini saya bangga bahwa anak bangsa membangun LRT dengan kemampuannya sendiri. Seperti, PT Adhi Karya yang telah berhasil membangun konstruksi jalur yang telah mendapatkan MURI, PT LEN yang telah memberikan dukungan sistem dengan teknologi canggih, dan PT INKA yang membangun keretanya,” jelasnya, Minggu (15/11/2020).

Budi menjelaskan pembangunan transportasi massal seperti LRT memerlukan kerja sama yang baik dari berbagai pihak terkait. Beragam  tantangan tersebut harus diselesaikan untuk memastikan penyelesaian sesuai jadwal termasuk hambatan kesehatan seperti saat ini di masa pandemi.

"Dengan kerja sama yang luar biasa, kami bisa membangun transportasi perkotaan yang bermutu tinggi. Kenapa Presiden Jokowi ingin di kota besar harus ada angkutan massa, yakni agar ada satu standar tertentu di mana banyak masyarakat dapat menggunakan angkutan massal dengan layanan yang baik. Pembangunan ini juga harus selesai tepat waktu dan dilaksanakan dengan patuhi protokol kesehatan," ujar Menhub Budi.

Pembangunan LRT Jabodebek fase 1 terdiri dari tiga lintas yaitu lintas Cawang – Cibubur, Cawang – Dukuh Atas, dan Cawang – Bekasi Timur, dengan total panjang jalur sepanjang 44,43 Km yang melintasi 17 stasiun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kereta api Budi Karya Sumadi LRT
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top