Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Punya 18 Proyek Strategis, Dua Proyek Tuntas Tahun Ini

Kemenhub disebut memiliki 18 Proyek Strategis Nasional dengan dua di antaranya bakal tuntas pada tahun ini kendati Covid-19 memberikan dampak bagi pengerjaan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 13 November 2020  |  11:33 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menyampaikan sebanyak dua Proyek Strategis Nasional yang diusulkan oleh Kementerian Perhubungan akan selesai pada 2020.

Sekretaris Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan Bastary Pandji Indra mengatakan dalam daftar PSN yang sedang diusulkan terdapat 18 PSN infrastruktur yang dikerjakan oleh Kemenhub. Dia memerinci diantaranya sebanyak 6 Pelabuhan, 4 Bandar Udara, dan 8 Kereta api.

Berdasarkan 18 proyek itu, satu proyek berstatus beroperasi sebagian, sedangkan yang masuk dalam tahap konstruksi sebanyak 8 Proyek, sisanya masih dalam penyiapan proyek sebanyak 9 proyek.

“Dari usulan itu, 2 proyek yang diperkirakan selesai pada 2020, yaitu kereta api Tebing Tinggi - Kuala Tanjung dan Pelabuhan KEK Maloy,” ujarnya kepada Bisnis.com, Jumat (13/11/2020).

Sementara itu, pada tahun depan, 2021, Bastary menyebutkan terdapat 2 proyek yang diperkirakan akan selesai, Kereta Api Rantau Prapat - Duri - Pekanbaru dan KA Akses Bandar Udara Yogyakarta-Kulonprogo.

Sebelumnya. Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) memastikan pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) masih berjalan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Kendati tidak menampik bahwa kendala Covid-19 memberikan dampak bagi pengerjaan PSN.

Ketua KPPIP Wahyu Utomo mengatakan terutamanya kecepatan pengerjaan proyek yang disampaikan tidak seperti rencana sebelumnya.

"Saat ini masih jalan terus, masih dikerjakan tetapi dengan kecepatan yang berbeda. Estimasi yang dibuat tahun lalu, memang saat ini terkendala karena Covid-19," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur Kemenhub proyek strategis nasional (PSN)
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top