Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Autodesk dan Waskita Karya Kerja Sama Transformasi Digital Industri Konstruksi

Berkolaborasi dengan Autodesk, Waskita Karya sedang membangun tulang punggung teknologi yang kuat untuk mengakselerasi penyelesaian beberapa proyeknya.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 09 November 2020  |  21:30 WIB
Bendungan Way Sekampung di Lampung, salah satu proyek PT Waskita Karya (Persero) Tbk.
Bendungan Way Sekampung di Lampung, salah satu proyek PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA — Autodesk, Inc., bekerja sama dengan Waskita Karya mendorong pengadopsian solusi-solusi digital seperti Building Information Modelling (BIM) di industri konstruksi Indonesia.

Kolaborasi antara Waskita Karya dan penyedia software desain 3D dan rekayasa ini mendukung upaya pembangungan tulang punggung teknologi yang kuat untuk mengakselerasi penyelesaian beberapa proyek berskala besar.

Kharis Alfi, BIM, Research & Innovation Manager,  Waskita Karya, mengatakan bawah saat ini pihaknya sedang membangun Bendungan Temef. Proyek ini akan memasok air bersih dan membantu pengendalian banjir di kawasan sekitar perbatasan dengan Timor Leste.

“Dengan berbagai solusi Autodesk, seperti Civil 3D, Revit, dan Navisworks, kami bisa menghemat waktu untuk gambar dan rekayasa produksi hingga 50 persen, dan bisa memproduksi gambar mendetail untuk meminimalkan terjadinya pengerjaan ulang,” tuturnya dalam keterangan pers, Senin (9/11/2020).

Nantinya, kerja sama kedua belah pihak juga mencakup pengadopsian teknologi dari Autodesk seperti Architecture, Engineering, and Construction (AEC) Industry Collection dan BIM 360, untuk mengotomatiskan alur kerja untuk produktivitas yang lebih besar.

Asean Managing Director Autodesk Serene Sia menambahkan pihaknya senang dapat mendukung perusahaan Waskita Karya dalam perjalanan transformasi digital mereka. “Kami berharap dapat menginspirasi dan memberdayakan bisnis konstruksi dengan teknologi canggih yang dapat memodernisasi dan memperbaiki setiap tahap proses konstruksi,” tambahnya.

Sebelumnya, Waskita Karya mulai mencoba solusi produsen perangkat lunak ini pada 2018 untuk meminimalkan tantangan kolaborasi yang dihadapi ketika menerapkan pengiriman dan pengumpulan data secara tradisional.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konstruksi waskita karya perangkat lunak
Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top