Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Di Tengah Pandemi, Realisasi Pelaporan SPT 2020 Meningkat 13,3 Juta Wajib Pajak

Penyampaian SPT tahunan pada tahun ini mengalami peningkatan dari 12,8 juta pada 2019 menjadi 13 juta.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  12:50 WIB
Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo. Bisnis - Abdullah Azzam
Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mencatatkan adanya peningkatan wajib pajak (WP) yang melaporkan surat pemberitahuan (SPT) di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, penyampaian SPT tahunan pada tahun ini mengalami peningkatan dari 12,8 juta pada 2019 menjadi 13 juta.

"Walaupun tidak besar, tapi ada peningkatan penyampaian SPT 2020," katanya dalam Acara Spectaxcular 2020, Jumat (23/10/2020).

Suryo mengatakan peningkatan penyampaian SPT di tengah pandemi tersebut diharapkan bisa mendorong dan meningkatkan kepatuhan di bidang perpajakan ke depannya.

Imbuhnya, DJP masih terus mensosialisasikan ke masyarakat terkait dengan pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang dilakukan pemerintah, termasuk pemberian insentif perpajakan.

"Kami juga gunakan platform yang kami mliki untuk terus menyampaikan ke masyarakat bahwa wajib pajak dapat memanfaatkan insentif dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kegiatan usahanya di masa pandemi ini," jelasnya.

Adapun, pemerintah mencatat realisasi insentif perpajakan masih tercatat rendah hingga Oktober ini. Insentif perpajakan yang tersalurkan masih belum mencapai Rp30 triliun atau baru mencapai 24,6 persen dari total anggaran Rp120,6 triliun.

Meski insentif masih terus disalurkan kepada dunia usaha, di sisi lain sektor perpajakan ikut mengalami tekanan yang dalam akibat pandemi Covid-19. Penerimaan pajak hingga saat ini tercatat telah terkontraksi lebih dari 17 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SPT pandemi corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top