Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Bersih PTPN IV Melonjak 750 Persen, Dipicu Kenaikan Harga Sawit

PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) memperoleh laba bersih sebesar Rp547,90 miliar hingga September 2020 atau melonjak tajam sekitar 750 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp72,11 miliar.
Perkebunan sawit
Perkebunan sawit

Bisnis.com, MEDAN - PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) memperoleh laba bersih sebesar Rp547,90 miliar hingga September 2020 atau melonjak tajam sekitar 750 persen dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp72,11 miliar.

Pencapaian laba bersih ini telah melampaui realisasi laba bersih sepanjang tahun 2019 senilai Rp312,82 miliar.

Berdasarkan laporan manajemen perseroan, pertumbuhan laba bersih ini sejalan dengan peningkatan omzet atau pendapatan PTPN IV. Hingga September 2020 PTPN IV meraih omzet Rp4,25 triliun. Angka ini naik 30,36% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp3,26 triliun.

“Pertumbuhan laba bersih karena perseroan fokus pada peningkatan produktivitas TBS, rendemen minyak sawit dan inti sawit dengan berbagai programnya serta didukung dengan harga jual komoditi CPO (crude palm oil),” ungkap Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, dalam laporan keuangan PTPN IV yang dirilis Rabu (21/10/2020).

PTPN IV menargetkan laba bersih sebesar Rp.764,86 miliar pada tahun 2020 ini. Sucipto menyakini pendapatan kuartal keempat 2020 akan meningkat dan melampaui target.

“Kami memiliki keyakinan walau masih dalam suasana pandemi Covid-19, PTPN IV akan dapat merealisasikan, dengan kerja keras dan doa dari seluruh pejuang (karyawan) PTPN IV, kami optimis mampu membukukan laba melebihi target RKAPP 2020 yang Rp.481,23 miliar,” jelasnya.

Selain fokus kepada peningkatan produktivitas dan rendemen, Perusahaan ini juga melaksanakan core values Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang disingkat dengan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Setiap Senin manajemen melaksanakan nilai ‘kolaboratif’ untuk mewujudkan core values BUMN. Dalam implementasinya, pejuang PTPN IV melaksanakan pertemuan melalui zoom cloud meeting yang diberi nama Kolaboratif Yes.

“Dalam progam ini masing-masing pejuang PTPN IV menawarkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mempercepat proses peraihan produktivitas dan capaian rendemen. Jadi tanpa diminta dan ditunggu, masing-masing pejuang PTPN IV harus sudah amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif serta kolaboratif,” terang Sucipto.

Sementara itu Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengatakan, berbagai program sedang dilaksanakan board of management. Diantaranya Gerakan Cinta PKS, Gerakan Cinta Kebun, Gerakan no Bocor-Bocor, Gerakan Sawit ke Sawit, Progam Peningkatan Rendemen, PICA Award, Program Peningkatan Mutu Minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper