Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rp29,36 Triliun, Brookfield Buat Rekor Transaksi Properti di India

Perusahaan kanada Brookfield membuat rekor nilai transaksi "sekali pukul" terbesar di India sepanjang dengan membeli perkantoran dari RMZ.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 21 Oktober 2020  |  07:29 WIB
Wajah properti di India./Bloomberg - Anindito Mukherjee
Wajah properti di India./Bloomberg - Anindito Mukherjee

Bisnis.com, JAKARTA – Brookfield Asset Management akan membeli properti komersial dari developer di India senilai US$2 miliar (Rp29,36 triliun), yang menjadi kesepakatan real estat “sekali pukul” terbesar di negara Asia Selatan itu.

Manajer aset asal Kanada itu membeli perkantoran seluas 12,5 juta ft2 yang menghasilkan sewa dan ruang kerja bersama dari RMZ Corp, pengembang swasta India, yang mengatakan tak lagi memiliki utang setelah transaksi dan akan menggunakan uang tersebut untuk memperluas portofolionya.

Investor asing besar membeli pasar perkantoran India dalam beberapa tahun terakhir. Sejak 2011, segmen ini mengumpulkan US$15,4 miliar dari investasi ekuitas, menurut perusahaan riset properti Knight Frank.

Transaksi untuk perkantoran yang berlokasi di Bengaluru dan Chennai itu, menurut Arshdeep Singh Sethi, Direktur Pelaksana RMZ, menonjolkan kekuatan dan ketahanan bisnis perkantoran komersial yang tiada henti.

Pengembang tersebut berencana memperluas portofolio aset riilnya menjadi 85 juta ft2 selama 6 tahun ke depan dari 67 juta ft2. Beberapa klien di kawasan teknologi dan bisnis RMZ mencakup Accenture, Google, dan HSBC.

Seorang perwakilan dari Brookfield mengonfirmasi isi pernyataan RMZ. Manajer aset alternatif, yang mengatakan memiliki dan mengoperasikan 22 juta ft2 properti perkantoran di India, telah memilih bank untuk melakukan penawaran umum perdana yang dapat mengumpulkan setidaknya US$500 juta, demikian ditulis Bloomberg.

Sebelum Brookfield, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat, Blackstone, pekan lalu menandatangani perjanjian tidak mengikat untuk membeli beberapa aset di India, yang jika ditotal, juga bisa bernilai US$2 miliar.

RMZ Corp adalah perusahaan investasi, pengembangan, dan manajemen real estat swasta, yang berkantor pusat di Bengaluru dan didirikan pada 2002.

Perusahaan tersebut memiliki sertifikat Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) terbesar di India menurut The Hindu Business Line. LEED adalah salah satu program sertifikasi bangunan hijau paling populer yang digunakan di seluruh dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkantoran india bisnis properti

Sumber : Bloomberg

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top