Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Apartemen di Jakarta./Bisnis - Arief Hermawan P.
Premium

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin, Deretan Kebijakan Properti Ini Perlu Dibenahi

20 Oktober 2020 | 15:54 WIB
Pada 20 Agustus 2020 ini tepat setahun pemerintah Joko Widodo-Ma'ruf Amin memimpin. Di bidang bisnis properti, sejumlah kebijakan telah dikeluarkan, tetapi tetap masih ada ruang untuk menyempurnakan.

Bisnis.com, JAKARTA – 20 Oktober 2020, tanggal dengan kombinasi angka bagus ini juga merupakan hari bagus karena genap setahun Joko Widodo memimpin sebagai Presiden Indonesia untuk periode kedua.

Setelah pada periode pertama 2014–2019 didampingi oleh M. Jusuf Kalla, pada periode kedua ini Jokowi didampingi oleh Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Di bidang bisnis properti, selama masa setahun periode kedua masa kepemimpinannya, sebagaimana juga di berbagai sektor ekonomi lainnya, Jokowi dihadapkan pada perjuangan membentuk iklim tetap sekondusif mungkin di tengah terpaan badai virus corona jenis baru Covid-19.

Dengan pandemi Covid-19 pertama kali diungkapkan terbuka pada awal Maret 2020, praktis tak sampai 5 bulan pemerintahan Jokowi bekerja dalam kondisi normal. Selebihnya, dapat dikatakan berbagai langkah yang dilakukan lebih pada upaya bertahan meski pada akhirnya resesi tidak terelakkan.

Meski lebih banyak pada upaya bertahan seperti pemberian stimulus, di bidang properti tampak jelas bahwa pemerintah selama setahun terakhir membuat kebijakan yang dimaksudkan sebagai perealisasian rencana-rencana lama yang pembahasannya bahkan telah berusia belasan, bahkan puluhan tahun.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top