Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkop UKM : Omzet UMKM Naik Setelah Kantongi Sertifikasi Halal

UMKM dinilai tidak hanya membutuhkan sertifikasi halal, tetapi juga pendampingan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  12:10 WIB
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki memberikan penjelasan kepada awak media sesuai ngorol bareng bersama para pelaku koperasi dan UKM tentang Omnibus Law di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki memberikan penjelasan kepada awak media sesuai ngorol bareng bersama para pelaku koperasi dan UKM tentang Omnibus Law di Jakarta, Senin (9/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengklaim bahwa sertifikasi halal gratis untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) disambut positif.

Berdasarkan data yang dia terima, sebanyak 60 persen UMKM adalah makanan dan minuman. Kementeriannya bakal mengembangkan lebih jauh inisiatif untuk program jaminan produk halal.

“Catatan kami selama 2015 sampai 2019, dalam memfasilitasi sertifikasi halal terhadap UMKM, hasil surveinya menggembirakan. Ketika mendapatkan sertifikasi halal, omsetnya naik rata-rata 8,53 persen,” katanya melalui sambutan virtual, Selasa (20/10/2020).

Teten menjelaskan bahwa yang dibutuhkan UMKM tidak hanya sertifikasi halal, tapi juga pendampingan. Ini menjadi penting baik dalam hal mengedukasi managemen produk halal maupun pendaftarannya.

Ini terlihat perngkatdunia untuk makanan dan minuman tidak masuk 10 besar. Padahal, Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia.

Kementerian Koperasi dan UKM memiliki program pelatihan di 71 pusat layanan usaha terpadu di kabupaten/kota. Akan tetapi percepatan dan perluasan akses sertifikasi halal harus dilakukan bersama-sama.

Sementara itu dalam merespons Covid-19, sebanyak 42 persen UMKM Indonesia telah menggunakan penjualan digital. Pandemi membuat jual-beli daring meningkat.

“Ada kenaikan penjualan 26 persen dan terdapat 3,1 juta transaksi selama pandemi. Ini luar biasa,” jelasnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm sertifikasi halal
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top