Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

9 Perusahaan Ini Bentuk Asosiasi Hidrogen Jepang

Di tengah pandemi dan penantian terhadap vaksin Covid-19, sembilan perusahaan Jepang meluncurkan Asosiasi Hidrogen Jepang (JH2A) untuk mempromosikan pembentukan rantai pasokan hidrogen dan kemitraan global di sektor hidrogen.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  06:15 WIB
 Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. /Reuters
Simbol kimia tampak di stasiun hidrogen di Tokyo, 24 April 2017. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi dan penantian terhadap vaksin Covid-19, sembilan perusahaan Jepang meluncurkan Asosiasi Hidrogen Jepang (JH2A) untuk mempromosikan pembentukan rantai pasokan hidrogen dan kemitraan global di sektor hidrogen.

Kesembilan perusahaan tersebut ialah ENEOS Corporation, Iwatani Corporation, Kawasaki Heavy Industries, Ltd., Kobe Steel, Ltd., MITSUI & CO., Ltd., Sumitomo Mitsui Financial Group, Inc., The Kansai Electric Power Company, Inc., Toshiba Corporation, dan Toyota Motor Corporation.

"Dengan membentuk masyarakat hidrogen serta bermitra dengan berbagai pemangku kepentingan, JH2A akan berupaya mengembangkan industri hidrogen dan mendorong inisiatif menuju pengembangannya," pernyataan panitia pembentukan JH2A seperti dikutip dalam keterangan pers TMC, Senin (19/10/2020).

Panitia persiapan menargetkan pembentukan organisasi baru secara resmi pada awal Desember. JH2A akan bekerja sama dengan perusahaan lain, pemerintah daerah, dan organisasi yang bersedia mendukung inisiatif tersebut.

Dengan hidrogen diantisipasi untuk memainkan peran penting dan sentral dalam mengekang pemanasan global, Jepang diharapkan untuk terus memimpin secara global melalui langkah-langkah inovatif.

Asosiasi Hidrogen JAPAN yang baru akan bermitra dan berkolaborasi dengan bisnis dan organisasi yang ada saat bekerja untuk membangun rantai nilai hidrogen. JH2A akan membuat rencana untuk menyediakan fungsi untuk mempromosikan inisiatif, berkoordinasi dengan pemangku kepentingan eksternal, dan melakukan penelitian.

- Terlibat dalam inisiatif lintas sektor untuk membangun rantai nilai hidrogen
- Mempercepat perkembangan menuju implementasi sosial untuk mewujudkan masyarakat hidrogen
- Mempromosikan pembentukan sistem penyediaan dana dengan lembaga keuangan

Pembentukan JH2A didorong oleh kondisi di mana banyak negara mempercepat inisiatif untuk mewujudkan masyarakat hidrogen. Selain itu, potensi dan masalah terkait dengan penggunaan hidrogen untuk mengurangi emisi CO2 telah diperdebatkan di Jepang.

Berbagai perusahaan bermitra untuk perluasan permintaan hidrogen, pasokan hidrogen biaya rendah, dan promosi penggunaan hidrogen.

Perusahaan anggota yang disebutkan di atas telah menyadari kebutuhan akan organisasi lintas sektor yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah menciptakan permintaan hidrogen, mengurangi biaya melalui peningkatan penggunaan hidrogen dan inovasi teknologi, bersama dengan pasokan dana untuk bisnis, dan mempertimbangkan langkah-langkah konkret menuju pembentukan komite baru ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Hidrogen Dewan Hidrogen
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top