Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Matangkan Program Revitalisasi Tambak Udang di Sulsel

Kemenko Marves telah melaksanakan rapat dengan pemda untuk menentukan target yang hendak dicapai dan konsep pertambakan udang seperti secara tradisional, semi intensif, dan intensif.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  05:03 WIB
Tambak udang di Pasangkayu, Sulawesi Barat. - KKP
Tambak udang di Pasangkayu, Sulawesi Barat. - KKP

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah terus mendorong pengembangan tambak udang di Sulawesi Selatan. Revitalisasi tambak udang di Sulsel dilaksanakan sesuai dengan amanat Presiden dalam RPJMN 2020—2024.

Safri Burhanuddin, Deputi Koordinasi Bidang Sumber Daya Maritim Kemenko Marves, mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan rapat dengan pemerintah daerah untuk menentukan target yang hendak dicapai dan konsep pertambakan udang seperti secara tradisional, semi intensif, dan intensif.

“Kami baru saja melaksanakan rakor mengenai produksi pertambakan udang di Sulsel. Provinsi Sulsel ini merupakan salah satu lokasi prioritas yang akan menjadi target revitalisasi tambak di sentra produksi udang,” ujarnya melalui keterangan resmi Kamis, (15/10/2020).

Safri menjelaskan bahwa untuk mengejar target perlu ada pemetaan lokasi atau kawasan yang akan dibangun irigasi guna mendukung kegiatan tambak udang. Selanjutnya, ditentukan metode tambak yang dilakukan apakah secara tradisional, semi intensif, atau intensif.

“Dalam hal ini perlu pemetaan lokasi atau kawasan yang akan dibangun irigasi dalam mendukung kegiatan intensifikasi pertambakan tersebut,” jelasnya.

Abdul Hayat Gani, Sekda Provinsi Sulsel mengatakan bahwa dalam pelaksanaan ke depan perlu juga menentukan prioritas revitalisasi untuk dibenahi. “Selain itu perlu inovasi untuk mendapatkan perbaikan dan terjadi transformasi,” ujarnya.

Rahmat Mulianda, Asisten Deputi Pengembangan Perikanan Budidaya Kemenko Marves, menambahkan bahwa beberapa poin yang disepakati ialah menyusun desain besar dan masterplan, pemetaan kawasan, status lahan yang jelas untuk mencapai target peningkatan produktivitas tertentu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tambak udang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top