Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kalangan Usaha Properti Sambut Baik Inisiatif DPRD DKI Ajukan Insentif Pajak

Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute Wendy Haryanto menilai intervensi kebijakan untuk meringankan beban dunia usaha diperlukan pada masa pandemi Covid-19.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  21:48 WIB
Wajah kawasan pusat bisnis Jakarta sebelum dihantam pandemi Covid-19./Bloomberg - Dimas Ardian
Wajah kawasan pusat bisnis Jakarta sebelum dihantam pandemi Covid-19./Bloomberg - Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute Wendy Haryanto menilai positif inisiatif DPRD DKI Jakarta mengusulkan insentif pembayaran pajak bagi pelaku usaha di bidang properti komersial seperti hotel, ruang pameran dan mal.

“Peran dan intervensi Pemerintah DKI Jakarta jelas dibutuhkan untuk memicu pemulihan perekonomian,” kata Wendy melalui keterangan tertulis pada Jumat (16/10/2020). 

Wendy menerangkan ketiga bidang usaha itu adalah bisnis dengan biaya tetap yang tinggi. Malahan, menurut dia, masih terdampak setelah adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. 

“Bahkan tanpa pengunjung dan aktivitas, ketiga properti itu tetap harus mengeluarkan biaya rutin untuk pemeliharaan dasar,” ujarnya. 

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan di Jakarta pada Mei 2020 turun 87 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tingkat hunian hotel berbintang turun ke rekor terendah yakni masing-masing 12,7 persen dan 14,5 persen pada April 2020 dan Mei 2020. 

Berdasarkan angka tersebut, menurut dia, opsi menutup hotel secara finansial lebih masuk akal ketimbang melayani segelintir tamu. 

“Maka inilah peran pemerintah, kita tentu tidak ingin perekonomian menjadi semakin terpuruk lagi,” ujarnya. 

Dampak pandemi itu, dia melanjutkan, masih ditambah dengan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Dengan demikian, menurutnya, intervensi kebijakan untuk meringankan beban dunia usaha diperlukan. 

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan keringanan pembayaran pajak bagi wajib pajak di sektor usaha yang terdampak Covid-19

“Tolong hal yang seperti ini ditanggapi serius pak [Kepala Bapenda], kasih diskon wong mereka mau bayar kok, kenapa kita harus kaku dan itu kan dipertanggungjawabkan apa lagi pak Tsani bekas orang KPK, kan yang ini pelonggaran pak,” kata Pras melalui keterangan video yang diunggah lewat akun Facebook miliknya pada Kamis (15/10/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti insentif pajak dprd dki Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top