Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Asperindo: Tak Semua Jasa Kurir Untung saat Harbolnas

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (Asperindo) menilai Harbolnas tidak menjadikan jasa kurir selalu untung.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  19:03 WIB
Ilustrasi jasa kurir
Ilustrasi jasa kurir

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, Logistik Indonesia (Asperindo) mengungkapkan pertumbuhan jasa kurir di masa pandemi Covid-19 tidak serta merta dirasakan oleh seluruh perusahaan, termasuk dalam agenda tahunan Harbolnas yang membuat volume paket sejumlah jasa kurir melonjak.

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Asperindo Trian Yuserma menuturkan terdapat sejumlah perusahaan yang operasinya terdampak Covid-19 walaupun aktivitas hari belanja online nasional (Harbolnas) tetap digelar.

"Harbolnas sebagai sebuah program nasional untuk merangsang permintaan belanja online sudah menjadi agenda tahunan. Bedanya, saat ini dilaksanakan di masa pandemi. Dari sisi number efektivitasnya Asperindo tidak bisa memonitor karena omnichannel yang terlibat sangat banyak," paparnya kepada Bisnis.com, Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, Harbolnas itu sudah jadi agenda tahunan dan gaungnya lebih banyak di marketplace ternama dan sudah berjalan rutin. Namun, tetap saja Asperindo melihat bahwa pandemi ini menyebabkan kondisi eksternal menjadi lebih kompleks, tidak pasti, tidak jelas dan bergejolak sehingga situasinya menjadi lebih bervariasi prediksinya.

Dia menyampaikan ada yang masih tetap beroperasi normal, ada yang mengurangi kapasitas produksinya atau bahkan tutup dan sedang berusaha mengubah haluan usaha. Dengan demikian, Asperindo selalu mendukung langkah pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi di era dan paska pandemi.

"Kami berharap sukses atau pertumbuhan sistemik bisa datang dari para pelaku yang sukses karena terjadi pertemuan permintaan dan penawaran di semua e-channel. Baik domestik maupun internasional," katanya.

Kendati kondisi pandemi cukup menghantam sejumlah perusahaan, Trian menyebut organisasinya tetap mengimbau anggota untuk tetap optimistis dan melakukan terobosan serta inovasi, sehingga secara keseluruhan anggota siap merespons semua kemungkinan yang terjadi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top