Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 17 Sektor Andalan Versi Gubernur BI yang Akan Mendorong Pemulihan Ekonomi

Sektor-sektor tersebut di antaranya sektor pertanian, tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, serta basis ekonomi kerakyatan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  13:33 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan ada 17 sektor usaha produktif yang telah diidentifikasi pemerintah bisa dibuka secara bertahap dan aman di tengah pandemi Covid-19.

Pembukaan sektor-sektor tersebut dinilai bisa mendorong pemulihan ekonomi setelah aktivitas ekonomi pada kuartal kedua tahun ini terpukul dan ekonomi kuartal ketiga yang diproyeksi akan terkontraksi meski tidak sedalam kuartal sebelumnya.

Perry menyampaikan, tetap dibutuhkan sinergi yang kuat untuk bisa mendorong sektor-sektor ekonomi yang produktif dan aman tersebut. Ke-17 sektor ini diidentifikasi akan memberikan nilai tambah yang tinggi bagi ekonomi.

Perry memaparkan, sektor-sektor tersebut di antaranya sektor pertanian, tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, serta basis ekonomi kerakyatan.

"Sektor ini mulai dibuka dengan tetap menerapkan protokol Covid-19. Jadi ekonomi bisa tumbuh dan aman dari Covid-19. ini menjadi sangat penting," katanya dalam video conference, Kamis (9/10/2020).

Sektor lainnya, kata Perry, yaitu sektor informasi dan komunikasi, jasa keuangan, peternakan, pertambangan, termasuk adminsitrasi pemerintah di pusat dan daerah, dan masih ada beberapa sektor lainnya.

Sementara, Perry menilai sektor perdagangan dan restoran juga memiliki potensi dalam mendorong pemulihan ekonomi, namun diperlukan protokol Covid-19 yang lebih ketat.

"Perlu dilihat UMKM yang produktif dan aman, mulai bertahap dibuka dengan protokol Covid-19, jadi aktivitas ekonomi semkain kuat, mobilitas kuat dengan protokol Covid-19," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perry warjiyo pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top