Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisnis Properti Diprediksi Bangkit Tahun Depan

Bisnis properti diprediksi bangkit kembali tahun depan, tentu saja dengan harapan pandemi Cobvid-19 segera berlalu.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  20:48 WIB
Ilustrasi pembangunan gedung apartemen di Jakarta./Bisnis - Dedi Gunawan
Ilustrasi pembangunan gedung apartemen di Jakarta./Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis properti berpotensi bangkit kembali pada tahun depan, kata Country Manager Rumah123.com Maria Herawati Manik.

Dia mengemukakan secara histori, sektor properti kembali bangkit setelah mengalami krisis. Meskipun saat ini bukan terjadi krisis, pandemi Covid-19 ini cukup berdampak pada berbagai hal.

"Kalau secara histori, properti akan bangkit setelah terpuruk," ujarnya dalam webinar pada Kamis (1/10/2020).

Namun demikian, lanjutnya, diperlukan respons cepat pemerintah mulai dari menemukan vaksin serta membuat kebijakan untuk pekerja yang terkena PHK agar tetap menjaga situasi kondusif untuk investor.

"Hukum elastisitas sektor properti dengan pertumbuhan ekonomi. Kalau ekonomi pemulihan ya cepat, properti bertumbuh secara tajam. Industri properti akan berprospek, terlebih ini investasi jangka panjang, sehingga perlu peran pemerintah untuk pemulihan tahun depan," tutur Maria.

CEO PT AKR Land Thomas Go menuturkan perusahaan tetap optimistis terhadap pemulihan sektor properti tahun depan.

Dia menuturkan sejumlah terobosan akan dilakukan oleh AKR Land pada 2021 yakni menyiapkan produk dengan harga sangat murah yakni Rp250 juta di kota satelit AKR GEM (Grand Estate Marina) City di Gresik, Jawa Timur, lalu menyediakan apartemen dengan harga terjangkau di CBD Surabaya Pusat.

"Terobosan lain yakni perumahan klaster baru di Manado KEC dengan harga di bawah Rp700 juta di daerah lokasi super strategis di Ring Road 2," paparnya.

Digital Marketing

Thomas menambahkan digital marketing menjadi salah satu cara untuk memasarkan produk khususnya properti dengan kondisi saat ini.

Dia mengatakan kondisi saat ini membuat penggunaan terhadap internet sangat tinggi, sehingga promosi dan penawaran properti dilakukan secara digital termasuk virtual tour produk yang ditawarkan.

Thomas menuturkan pihaknya menyiapkan produk yang sesuai dengan kondisi pandemi seperti garden home apartment dengan area balkon yang terkoneksi dengan udara segar karena langsung ke taman. Harganya pun terjangkau yaitu di bawah Rp1 miliar.

Untuk rumah tapak di AKR GEM City, juga terdapat produk khusus untuk kalangan milenial yaitu rumah dengan harga Rp400 juta disertai cashback 5 persen dengan dukungan KPR Bank Mandiri.

Dia mengemukakan bahwa hunian masih merupakan investasi yang menguntungkan karena saat ini calon pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga yang sangat murah dan cara bayar yang ringan di Gallery West Residence, apartemen yang bisa dibeli dengan bebas uang muka.

“Selain itu, bunganya super rendah dari Bank Mandiri yang sulit ditemukan di jasa yang lainnya," tutur Thomas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis properti Virus Corona
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top